Di Jepang Juga Ada Ungkapan Mandi Bebek Loh!

Mandi adalah kegiatan yang relatif sering dilakukan oleh orang Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain. Mandi dengan frekuensi dua kali dalam sehari, pagi dan sore sudah menjadi hal lumrah di sini. Berbeda dengan budaya Jepang yang seringnya mandi di malam hari dan hanya sekali sehari, yang mungkin bagi kita aneh karena melakukan kegiatan pagi tidak mandi terlebih dahulu.

Selamat datang di situs web WKWK JAPANESE, situs belajar bahasa dan budaya Jepang yang dikelola oleh orang Jepang! Kalian bisa belajar banyak hal tentang bahasa di sini, mulai dari tata bahasa, kosakata, kanji, partikel dan lain sebagainya. Jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi situs web ini lagi ya!

Omong-omong soal mandi, orang Indonesia punya ungkapan khusus untuk menyebut orang yang waktu mandinya sangat sebentar, yaitu “mandi bebek”. Ini adalah ungkapan figuratif, yang menyamakan waktu mandi yang sangat sebentar, dengan waktu mandinya bebek, atau kalau di Jepang waktu mandinya burung gagak. Keduanya memiliki kesamaan, yakni sama-sama unggas.

Kenapa Harus「烏の行水」?

からす adalah kanji untuk gagak, dan sangat mirip dengan kanji とり burung. Yang membedakan adalah, salah satu garisnya tidak ada, karena warna burung gagak yang amat hitam dan matanya tidak terlihat. Kanji berikutnya, 行水ぎょうすい adalah ‘kegiatan menyiram air ke badan dalam rangka kebersihan’.

Sebelum masuk ke alasan mengapa bisa ada ungkapan seperti ini, coba kita bahas beberapa hal tentang gagak dan perilakunya terlebih dahulu.

Tentang burung Gagak

Burung gagak adalah burung dengan penampilan hitam lebam, yang dalam beberapa budaya di dunia adalah burung yang menandakan kesialan atau menandakan akan ada keburukan.

Gagak suka berkeliaran di atas benda-benda kotor seperti sampah, atau bahkan ada kalanya mereka juga memakan bangkai. Sejumlah orang menganggap gagak sangat mengganggu karena gagak mengacak-acak sampah untuk mencari makanan.

Meski dari perilaku orang-orang menganggap gagak adalah burung yang kotor, maka itu tidak benar. Bahkan burung gagak punya kebiasaan mandi untuk membersihkan badan dari kotoran atau membasmi parasit yang hinggap di sayapnya. Kebersihan ini dianggap penting oleh gagak, sehingga mereka mandi dengan frekuensi yang lebih sering dibandingkan hewan lain yang serupa. Sebagai konsekuensi dari frekuensi mandi yang sering ini, mereka harus memperpendek waktu mandi mereka, yang memakan waktu satu hingga tiga menit.

Permisalan Waktu Mandi

Atas dasar waktu mandi dari burung gagak yang amat sebentar, orang-orang yang mandi dengan waktu yang sangat sebentar pun disamakan dengan burung gagak.

Cara Pakai 「烏の行水」.

Cara pakainya sedikit banyak mirip dengan penggunaan frasa “mandi bebek” dalam bahasa Indonesia.

  1. からだをきれいにしたいならからす行水ぎょうすいをやめて、しっかりあらいなさい。
    Kalau ingin mempercantik diri, berhentilah “mandi bebek” dan basuhlah dengan benar!
  2. ぼく結構けっこう風呂ふろかんみじかいけど、きみ本当ほんとうからす行水ぎょうすいだね。
    Waktu mandiku memang sebentar, tapi kamu ‘mandi bebek’ lebih parah lagi.

Penggunaan frasa 烏の行水 pada kedua kalimat di atas sama-sama untuk mengkritik atau merendahkan lawan bicara. Perlu diketahui bahwa frasa ini bersifat negatif, karena orang-orang menganggap mandi tidak semestinya dilakukan dalam waktu satu hingga lima menit saja. Terlebih, orang Jepang punya budaya berendam di bak mandi dengan air panas atau air biasa.

Kesimpulan

Ungkapan ini sama dengan ungkapan “mandi bebek” dalam bahasa Indonesia. Digunakan untuk mengejek atau merendahkan lawan bicara atau orang ketiga, yang kegiatan mandinya membutuhkan waktu yang sangat sedikit. 

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!

Daftar Pustaka

正しく知りたいことわざ!「カラスの行水」の意味や使い方、類語もまとめて解説