Pola Kalimat N3: ~TARA DOUKA (~たらどうか)

みなさん、こんにちは!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang.

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul “Tata Bahasa JLPT N3 – ~BEKI DA, ~BEKI DEWANAI” 「JLPT N3の文法ぶんぽう~べきだ / ~べきではない』 juga ya!

Bahasan kita kali ini adalah seputar tata bahasa, yang lebih tepatnya adalah bahasan akan tata bahasa ~tara douka「~たらどうか」. Mina-san ingin tahu makna tata bahasa tersebut? Kalau iya, maka mina-san tolong baca artikel ini sampai habis, ya!

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat – ~たらどう

Pola Kalimat dan Arti

[Aた]らどう

Bagaimana kalau A?

Penyambung

どうた形】(Kata Kerja Bentuk た)+らどう

  • かえたらどう
  • だらどう
  • たらどう
  • たらどう

Contoh

そんなに彼女かのじょさんが心配しんぱいなら、連絡れんらくしてみたらどう
Kalau segitunya cemas sama pacar, bagaimana kalau kamu coba hubungi dia saja?

もう12かん休憩きゅうけいなしでがんった、きみは。すこやすだらどう
Kamu sudah berjuang tanpa istirahat selama 12 jam. Bagaimana kalau istirahat sebentar?

また渋滞じゅうたいにかかった?明日あしたからはもっとはやいえたらどう
Kena macet lagi? Bagaimana kalau besok berangkatnya lebih awal?

まだおくさんとなかくしていないのですか?はなぐらいってあげたらどうですか。
Masih belum baikan dengan istri? Bagaimana kalau belikan dia bunga?

Penjelasan

  1. Pola kalimat ini secara bentuk memang bertanya, namun pada hakikatnya adalah memberikan ‘saran’ yang ringan kepada lawan bicara.
  2. Pola ini tidak boleh diganti dengan bentuk ば maupun bentuk と.

Daftar Kosakata

KataArti
連絡するMenghubungi
休憩するIstirahat
渋滞Macet
かかるTerjebak
仲良いBaikan, berhubungan baik

Penutup

Itulah penjelasan Tata Bahasa JLPT N3 – ~TARA DOUKA. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!