Pola Kalimat N3: ~TO IWARETEIRU (~と言われている)

みなさん、こんにちは!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang.

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul “Tata Bahasa JLPT N3 – ~TO IU KOTO DA / ~TONO KOTO DA” 「JLPT N3の文法ぶんぽう~ということだ / ~とのこどだ』 juga ya!

Bahasan kita kali ini adalah seputar tata bahasa, yang lebih tepatnya adalah bahasan akan tata bahasa ~to iwareteiru「~とわれている」. Mina-san ingin tahu makna tata bahasa tersebut? Kalau iya, maka mina-san tolong baca artikel ini sampai habis, ya!

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat ~と言われている

Pola Kalimat dan Arti

Aと言われている

(Orang-orang) berkata bahwa A

Penyambung

つうけい】(Bentuk biasa)+と言われている

  • すると言われている
  • したと言われている
  • いいと言われている
  • 有名ゆうめいと言われている
  • あめと言われている

Contoh

あのひとはこのくに一番有名いちばんゆうめいしゅと言われている
Katanya dia adalah penyanyi paling terkenal di negeri ini.

ほんでの給料きゅうりょうたかと言われているから、わたしはそこではたらきたい。
Katanya gaji di Jepang tinggi, jadi aku ingin kerja di sana.

りんごを毎日まいにち一個いっこべると健康けんこうにいいと言われている
Katanya makan apel sehari sekali bagus buat kesehatan.

インドネシアでは蝶々ちょうちょういえはいったら、おきゃくと言われている
Di Indonesia, katanya kalau ada kupu-kupu masuk rumah, tamu akan datang.

Penjelasan

  1. Tata bahasa ini digunakan ketika ingin menyampaikan sesuatu yang telah didengar kepada orang lain.
  2. Sumber informasi yang disampaikan adalah perkataan orang-orang, atau pendapat yang diyakini oleh orang-orang.
    たかと言われている bisa diterjemahkan menjadi “katanya mahal”, namun terdapat penekanan bahwa yang mengatakan bukanlah individu, melainkan orang-orang secara umum.

Daftar Kosakata

KataArti
りんごApel
いっSebuah
健康けんこうKesehatan
蝶々ちょうちょうKupu-kupu
きゃくTamu

Penutup

Itulah penjelasan Tata Bahasa JLPT N3 – ~TO IWARETEIRU. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!