Pola Kalimat N4: ~ HAJIMERU (~始める)

Mina-san, konnichiwa! Selamat datang Tata Bahasa N4: ~ hajimemasu!

Terima kasih sudah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE!

Bagaimana proses belajar bahasa Jepang akhir-akhir ini? Lancar?

Mina-san pasti sudah pernah belajar bagaimana cara mengungkapkan “memulai” dalam bahasa Jepang. Ya, dalam bahasa Jepang, memulai adalah 「はじめる」! Tetapi ternyata 「はじめる」ini juga bisa berfungsi sebagai tata bahasa loh.

Kali ini kita akan belajar pola kalimat “~ hajimemasu” memiliki arti fenomena atau kegiatan akan segera dimulai. Baiklah, tanpa panjang lebar kita langsung belajar bersama yuk!

1. Pola Kalimat

~はじめる

~hajimeru


2. Arti

Mulai ~

3. Penjelasan

Memiliki arti kegiatan atau fenomena akan segera dimulai.

Kata kerja yang dipakai dalam pola kalimat Ini adalah kata kerja bentuk -MASU, sehingga kata ini hanya bisa menempel pada kata kerja saja tidak bisa pada kata benda.

4. Rumus Pola Kalimat:

~はじめる

Kata kerja –MASU + はじめる

5. Contoh Kalimat

桜の花が咲き始める
さくらのはながさきはじめる
Bunga sakura mulai mekar

明日から日本に住み始める
あしたからにほんにすみはじめる
Mulai besok tinggal di Jepang. 

ピアノは小学生の時から習い始めた
ピアノはしょうがくせいのときからならいはじめた
Saya sudah mulai belajar piano dari SD. 

発展し始める
(hatten shihajimeru)
Saya memulai perkembangan.

Lawan kata dari pola kalimat ini adalah ~終わる yang akan kita pelajari pada artikel berikutnya. Mina-san harus perhatikan kanji yang dipakai pada pola kalimat ini adalah 始 bukan 初. Kalau mau aman mending mina-san pakai hiragana saja.

6. Daftar Kosakata Contoh Kalimat

Berikut adalah daftar kosakata yang digunakan dalam contoh kalimat.

KanjiKanaArti
桜の花さくらのはなBunga sakura
明日あしたBesok
日本にほんJepang
ピアノPiano
学生がくせいSiswa
ときWaktu
習うならうMempelajari
住むすむTinggal
発展するはってんするBerkembang
咲くさくMekar

Nah, itulah informasi dan penjelasan yang terkait dengan “Tata Bahasa/Pola Kalimat N4: ~hajimeru | Bahasa Jepang”. Apakah mina-san sudah hafal dengan perubahan bentuknya dan cara penggunaannya?

Jadi “~hajimeru” digunakan untuk menyatakan memulai. Minasan jangan lupa ya kalau Pola kalimat ini hanya bisa ditempel pada kata kerja bentuk -MASU. 

Sekian pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi mina-san ketika mempelajari bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!