Kata Bantu Bilangan Orang dalam bahasa Jepang

みなさん、こんにちは!

Ketika sudah memutuskan untuk belajar bahasa, kamu pasti sudah tahu bahwa kamu akan sering berhadapan dengan berbagai jenis kata seperti kata benda, kata sifat, kata kerja, kata keterangan dan lain-lain, bukan? 

Selain jenis kata yang sudah disebutkan di atas, ada lagi satu jenis kata yang wajib untuk kamu ketahui karena sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu “Kata Bantu Bilangan”. Perlu kamu ketahui, ternyata aturan kata bantu bilangan dalam bahasa Jepang dapat dikatakan cukup rumit. Oleh karena itu, agar mudah memahaminya pada artikel kali ini akan fokus membahas mengenai cara menghitung orang dalam bahasa Jepang terlebih dahulu. Kalau begitu, ayo mulai belajar bersama!

1. ~人 (nin)

Pada umumnya, ketika menghitung jumlah orang dalam bahasa Jepang menggunakan akhiran yang ditulis dengan kanji “orang” yaitu 「人」dibaca “nin”.

Dahulu cara hitungan ini digunakan untuk menghitung jumlah orang baik yang dapat diidentifikasi maupun tidak. Akan tetapi, saat ini cara hitungan dengan akhiran “nin” digunakan ketika setiap individu/orang yang masuk ke dalam hitungan tidak dapat diidentifikasi, yaitu tidak tahu nama dan informasi lainnya misalnya kumpulan orang yang sedang antre di depan toko yang sedang mengadakan diskon besar-besaran.

Rumus untuk kata bantu bilangan orang dengan hitungan ini, yaitu:

数字  ]+ 人
Angka + nin

Akan tetapi, rumus ini tidak berlaku untuk jumlah 1人 (1 orang) dan 2人 (2 orang), karena orang Jepang tidak membacanya dengan “ichi-nin” dan “ni-nin” melainkan dibaca “hitori” dan “futari”.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel hitungan orang dengan kata bantu bilangan 人 (nin) di bawah ini:

2. ~名 (mei)

Jika kata bantu bilangan orang 人 (nin) digunakan untuk menghitung orang yang tidak dapat diidentifikasi, cara hitungan dengan  名(mei) digunakan untuk menghitung jumlah orang yang dapat diidentifikasi misalnya nama, umur dan alamatnya dapat diketahui misalnya daftar tunggu di sebuah restoran, daftar peserta upacara masuk sekolah, daftar penerima hadiah, daftar karyawan di perusahaan dan sebagainya. Hal ini sesuai dengan huruf kanji yang digunakan untuk hitungan ini yaitu menggunakan kanji 「名」dibaca (na/mei) yang artinya “nama”.

Rumus untuk kata bantu bilangan orang dengan hitungan ini, yaitu:

数字  ]+ 名
Angka + mei

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel hitungan orang dengan kata bantu bilangan 名 (mei) di bawah ini:

3. Penggunaan akhiran ~様 (~sama) dan awalan お (o)

Akhiran 様 (sama) merupakan akhiran yang sejenis dengan akhiran さん(san) yaitu akhiran yang dibubuhkan di belakang nama orang untuk menunjukkan rasa hormat terhadap orang tersebut, misalnya ketika menyebut/memanggil atasan, klien, pelanggan atau orang lain yang dihormati. Akhiran ini paling umum digunakan ketika menyebut “Tuhan” yaitu 神様 (Kami-sama).

Selain itu, akhiran 様 (sama) juga dapat dibubuhkan di belakang kata bantu bilangan, yaitu 名 (mei).

Contoh:

 2名様 / 2めいさま (ni-mei-sama) : 2 orang

 何名様ですか/なんめいさまですか (Nan-mei-sama desu ka) : Berapa orang?

 お2名様です/お2めいさま (Oni-mei-sama) : 2 orang

Kemudian, pada kata bantu bilangan ~人(nin) akhiran 様 (sama) juga dapat ditambahkan di belakang dan disertai dengan penambahan awalan お(o) di depannya. Akan tetapi, akhiran 様 (sama) tidak dapat digunakan bersama dengan kata bantu bilangan ~人(nin) jika digunakan dalam kalimat tanya.

Contoh:

〇お2人様です/おふたりさまです (Ofutari-sama desu) : 2 orang.

✕何人様ですか / なんにんさまですか (Nan-nin-sama desu ka) : Berapa orang?

✕お3人様ですか/おさんにんさまですか (Osan-nin-sama desu ka): Apakah 3 orang?

4. Contoh Kalimat

a. ~人(nin)

私の家族は、4人です。
わたしのかぞくは、4にんです。
Keluarga saya ada 4 orang.

私は、妹が2人います。
わたしは、いもうとがふたりいます。
Saya mempunyai 2 orang adik perempuan.

お2人ともは、仲がいいですね。
おふたりともは、なかがいいですね。
Mereka berdua, akrab ya.

b. ~名(sama)

何名様ですか。
なんめいさまですか。
Berapa orang?

アルバムを抽選で100名様にプレゼントいたします。
アルバムをちゅうせんで100めいさまにプレゼントいたします。
(Saya) akan menghadiahkan album kepada 100 orang dengan sistem undian.

イベントに250名様にご招待いたします。
イベントに250めいさまにごしょうたいいたします。
Saya akan mengundang 250 orang ke acara.

5. Daftar Kosakata

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai kata bantu bilangan orang dalam bahasa Jepang. Ternyata, untuk menyebutkan jumlah orang tidak hanya ada 1 satuan saja ya!

Dahulu kata bantu bilangan untuk orang yaitu hanya 人 (nin) saja, akan tetapi sejak era Meiji, orang Jepang mulai menggunakan kata bantu 名 (mei) untuk menghitung jumlah orang yang identitasnya dapat dikenali, setidaknya nama orang-orang tersebut.

Demikianlah pembahasan pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!