Perbedaan 学生 (Gakusei) dan 生徒 (Seito)

Beberapa kata dalam bahasa Jepang mempunyai arti yang sama apabila diterjemahkan ke dalam bahasa lain, bisa jadi karena memang dalam bahasa terjemahan tersebut tidak ada kata lain yang mewakili. Termasuk di antaranya adalah 学生 dan 生徒 dalam bahasa Jepang.

皆さん、こんにちは! Berikut ini adalah sejumlah informasi dan uraian yang dapat menjadi bahan rujukan minasan untuk mengetahui perbedaan dari tiga kata yang disebutkan tadi.

Oh iya, minasan jangan lupa baca juga artikel sebelumnya, ya!

Baiklah, tanpa panjang lebar kita langsung saja, ya!

Definisi 学生

Kata ini mempunyai cara baca gakuse. Pembelajar bahasa Jepang pemula sudah pasti bertemu dengan kata ini. Umumnya kata ini digunakan untuk menyebut profesi pelajar. Misalnya:

私は学生です。
Saya adalah seorang pelajar.

あの人は学生ではありません。
Orang itu bukan pelajar.

oleh karena itu kata ini rasanya tidak asing dalam kalangan pembelajar bahasa Jepang pemula.

Makna dasar kata ini adalah seseorang yang sedang belajar, tak peduli umur, di mana dan dengan siapa ia belajar.

Cara Menggunakan 学生

Pelajar

学生は真面目に勉強するべきです。
Seorang pelajar semestinya belajar dengan rajin.

Definisi 生徒

生徒 relatif lebih jarang ditemui oleh pembelajar bahasa Jepang pemula. Umumnya mereka menggunakan kata yang serupa, gakusei, untuk menyatakan konsep ini. Makna dasar kata ini juga serupa dengan gakusei, yakni seseorang yang sedang mengemban pendidikan di sekolah dan semisalnya. Namun, biasanya kata ini lebih umum digunakan untuk menyebut pelajar yang sedang menduduki bangku SMP dan SMA.

Cara Menggunakan 生徒

Siswa SMP, SMA

生徒たちが校庭に集まっている。
Para siswa sedang berkumpul di halaman sekolah.

Kesimpulan

学生 dan 生徒 memiliki kesamaan, yaitu sama-sama seseorang yang sedang mengemban pendidikan. Cakupan 学生 lebih luas karena tak terikat oleh umur dan tempat, sedangkan 生徒 lebih sempit karena terikat oleh jenjang pendidikan dan tempat.

Bagaimana minasan? Apakah minasan sudah memahami perbedaan antara kedua kata di atas? Semoga artikel ini bisa membantu minasan meringankan kebingungan akan hal ini, ya.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!