Kenapa Choukai Pas JLPT Itu Susah?

Mina-san, konnichiwa!

Kali ini kita akan membahas topik yang cukup sering menjadi permasalahan para pembelajar bahasa Jepang, yaitu pemahaman pendengaran atau yang sering kita sebut choukai. Kalau kamu merasa bukan termasuk orang yang kesulitan di bagian itu, maka baguslah. Namun kalau kamu merasa kesulitan, maka ini adalah artikel yang cocok buat kamu nih!

Beberapa dari mina-san mungkin juga ada yang mengatakan setelah JLPT telah usai, “Tadi pas choukai terasa tiba-tiba budek.”. Tentunya bukan budek atau tuli secara harfiah, namun tidak dapat mendengarkan soal JLPT dengan baik. Fenomena ini bukanlah sesuatu yang terjadi tanpa alasan. Di sini kita akan bahas beberapa faktor yang menjadikan pemahaman pendengaran ini susah bagi sebagian orang.

Penggunaan Kosakata

Choukai dalam JLPT terletak di bagian paling akhir, karena memang mencakup semua aspek yang diujikan dalam bahasa Jepang, yakni tata bahasa dan kosakata. Tanpa keduanya, choukai hanya akan menjadi ruang kosong di mana kita dipaksa mendengar sesuatu yang tidak ingin kita dengar. Sehingga penguasaan kata menjadi hal yang sangat penting dalam bagian pemahaman pendengaran.

Kecepatan Berbicara

Apabila mina-san belajar dari buku yang kurang berkualitas, makan mina-san akan terbiasa dengan kecepatan yang keterlaluan dibuat lambat. Pembiasaan dengan audio yang lambat dan bukan penutur asli hanya akan merekam sesuatu yang salah dalam alam bawah sadar. Misalnya penuturan bahasa Jepang namun dengan logat Jawa atau Sunda dan yang sejenisnya. Oleh karenanya mina-san jangan terlalu pelit untuk menginvestasikan uang untuk membeli buku yang berkualitas dan original.

Kecepatan berbicara memang berbeda-beda pada tiap levelnya. N5 akan relatif jauh lebih lambat daripada N1 yang kecepatannya seperti orang membaca berita. Namun pembicara juga tidak bisa terus bergantung pada audio yang lambat, karena ketika bercakap dengan orang Jepang pun kita akan mendapati mereka berbicara dengan kecepatan yang normal.

Beberapa hal yang bisa mina-san lakukan untuk melatih kemampuan pendengaran adalah dengan sering mendengarkan. “Bisa karena terbiasa.” Zaman sekarang sudah banyak video atau podcast yang menyediakan bahan untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan.

Penggunaan Ungkapan Tak Langsung

Dalam sejumlah bentuk soal JLPT adalah penggunaan ungkapan yang memutar atau tidak langsung. Misalnya awalnya dia mengatakan akan A, B, C, namun tidak jadi dilakukan karena beberapa alasan sehingga hanya tersisa akan melakukan B. Bentuk-bentuk soal yang seperti ini yang harus mina-san perhatikan. Cara terbaik untuk menjawab soal semacam ini adalah dengan menuliskan catatan di lembar soal, walau ada beberapa orang juga yang bisa menghafal semuanya dalam satu waktu tanpa mencatat.

Tidak ada trik khusus yang bisa diterapkan untuk soal semacam ini selain kejelian mina-san sendiri.

Bunyi yang Mirip

Ini juga merupakan sesuatu yang sering menjebak. Ada yang salah mendengar panjang pendek, ada yang salah mendengar つ, atau yang melupakan ん dan seterusnya. Pembedaan ini juga membutuhkan perhatian lebih, sebab banyak orang yang tidak melatih kemampuan membedakan bunyi yang mirip ini, terlebih panjang pendeknya. Betapa banyak orang yang membaca 旅行 sebagai りょうこ padahal seharusnya りょこう.

Butuhnya Pemahaman Situasi

Apabila mina-san sudah menguasai poin-poin di atas dan merasa jawaban sudah benar, namun ternyata ketika hasil ujian keluar ternyata banyak yang boncos, mungkin masalahnya adalah mina-san kurang memahami bagaimana situasi dalam percakapan. Pemahaman situasi ini juga penting, karena tanpa memahami latar, kita tidak akan bisa menentukan jawaban.

Kesimpulan

Beberapa hal yang harus mina-san tancapkan betul-betul ke dalam pikiran secara berurutan dari yang terpenting adalah:

  1. Memahami Kosakata pada Level Terkait
  2. Membiasakan Diri Mendengar Bahasa Jepang
  3. Mencatat pada Soal Panjang
  4. Memahami Latar Percakapan

Setelah mina-san menguasai beberapa poin yang telah disebutkan di atas, maka selanjutnya adalah mencoba lagi. Kerjakan dulu soal-soal latihan sebelum nekat mencoba JLPT lagi ya.

今からも頑張って行きましょう!

Kelas Intensif

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

WKWK JAPANESE membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK JAPANESE, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdiskusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang, khususnya yang terkait dengan tata bahasa. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!