Perbedaan ~ HAJIMERU (~はじめる) dengan ~ DASU (~出す)

皆さん、こんにちは!Kali ini kita akan bahas perbedaan tata bahasa ~ HAJIMERU ~はじめる dengan tata bahasa ~ DASU ~だす.

Simak sampai akhir ya!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang.

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul:

Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ ZUNI dengan ~ NAIDE
~ずに、~ないで』 の違い

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat

Pola Kalimat dan Arti

  1. [A] はじめる
    Mulai [A]  
  2. [A] だす
    Mulai [A]

Penyambung

~はじめる・だす

【Kata Kerja bentuk –MASU】はじめる
【Kata Kerja bentuk –MASU】だす

Contoh

  • 食べ始める
  • 飲み始める
  • 泣き出す
  • 止まり出す

Penjelasan

  1. Pola kalimat ~ hajimeru dan ~ dasu ini sama-sama digunakan untuk menyampaikan inisiasi atau permulaan suatu tindakan atau fenomena.
  2. ~ hajimeru digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu kegiatan akan segera dimulai dan biasanya sudah diperkirakan atau direncanakan.
  3. Sedangkan ~ dasu digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang dimulai secara tiba-tiba atau tanpa diperkirakan dan kata kerja yang dapat digunakan pada pola ini hanyalah untuk selain pembicara.

Contoh Kalimat

桜の花が咲き始める。
さくらのはながさきはじめる。
Bunga sakura mulai mekar.

明日から日本に住み始める。
あしたからにほんにすみはじめる。
Mulai besok tinggal di Jepang.

雨が急に降り出して、困っている
あめがきゅうにふりだして、こまっている
Hujan tiba-tiba mulai turun, aku pun kesusahan.

風が吹き出した。
かぜがふきだした。
Angin tiba-tiba bertiup.

Daftar Kosakata

KataArti
Bunga 
Sakura 
明日Besok  
日本Jepang
咲くMekar
住むTinggal 
Angin  
Hujan   
降るTurun 
吹くBertiup

Penutup

Itulah penjelasan Perbedaan Tata Bahasa JLPT N4: ~ HAJIMERU dengan ~ DASU. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!