Pola Kalimat N4: ~ TA TOKORO VS ~ TA BAKARI (~たところ & ~たばかり)

皆さん、こんにちは!Kali ini kita akan bahas tata bahasa ~ ta tokoro vs ~ ta bakari 「~ たところ」と「~ たばかり」. Simak sampai akhir ya!

Terima kasih telah mengunjungi situs web WKWK JAPANESE, tempat rujukan mina-san untuk belajar bahasa Jepang secara gratis! Mina-san bisa banyak membaca dan mengambil ilmu dari situs ini sepuasnya loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk selalu memanfaatkan situs web ini ya!

Bagaimana perkembangan belajarnya mina-san? Apakah berjalan lancar atau bahkan malah berhenti di tengah jalan? Kami harap pembelajaran mina-san berjalan cukup lancar, ya. Mina-san juga jangan lupa ada situs web WKWK JAPANESE yang selalu bisa diandalkan ketika mina-san ingin mencari informasi terkait bahasa Jepang.

Oh iya, mina-san juga cek artikel sebelumnya yang berjudul:

Tata Bahasa JLPT N4: ~TOORI NI
「JLPT N4の文法『~とおりに』 

Baiklah, tanpa panjang lebar, kita langsung bahas bersama-sama yuk!

Pola Kalimat

Pola Kalimat dan Arti

  1. [A] たところ
    Baru saja [A]
  2. [A] たばかり
    Baru saja [A]

Penyambung

~たところ&~たばかり

【Kata Kerja Bentuk -TA】ところ
【Kata Kerja Bentuk -TA】ばかり

Contoh

  • 作ったところ
  • 着いたところ
  • 買ったばかり
  • 卒業したばかり

Penjelasan

  1. Pola kalimat ~ ta tokoro ini digunakan untuk menunjukkan titik waktu dari suatu kegiatan yang telah dilakukan atau perubahan yang telah terjadi segera setelah suatu kegiatan baru saja selesai dilakukan (titik akhir).
  2. Pola kalimat ~ ta bakari ini digunakan untuk menunjukkan bahwa selang waktu antara saat selesai melakukan suatu kegiatan dengan saat mengungkapkan kalimat tergolong atau dirasa singkat oleh pembicara, misalnya beberapa jam/hari/minggu/bulan dan lain-lain.

Contoh Kalimat dan Penjelasan

電話を切ったところです。
でんわをきったところです。
Saya baru saja menutup telepon.

宿題を終わらせたところです。
しゅくだいをおわらせたところです。
Saya baru saja menyelesaikan pekerjaan rumah.

Kedua kalimat di atas menggunakan ところ karena memang baru saja menutup telepon dan baru saja menyelesaikan PR. Selang waktu yang terlewat tidak lebih dari sekian detik. Penggunaan ところ juga bersifat objektif yang artinya tak berkaitan dengan penilaian dan perasaan pembicara.

新しい本を買ったばかりです。
あたらしいほんをかったばかりです。
Saya baru saja membeli buku baru.

映画を見たばかりです。
えいがをみたばかりです。
Saya baru saja menonton film.

Kedua kalimat di atas menggunakan ばかり karena kejadian tersebut dirasa baru dilaksanakan, namun tidak terlalu terikat dengan waktu. Sesuai dengan penjelasan di atas, bisa juga terlewat beberapa hari, minggu, atau bahkan tahun, tergantung pada bagaimana pandangan pembicara terhadap hal tersebut, yang berarti ばかり adalah tata bahasa yang objektif.

Daftar Kosakata

KataArti
映画Film 
新しいBaru  
Buku 
宿題Pekerjaan rumah 
電話Telepon 
見るMelihat    
買うMembeli  
終わるSelesai 
切るMemotong 

Penutup

Itulah penjelasan Tata Bahasa JLPT N4: ~ TA TOKORO VS ~ TA BAKARI. Bagaimana mina-san? Apakah mina-san sudah hafal dengan cara penggunaannya? Kalau mina-san merasa kesulitan untuk menyusun tata bahasa, bisa jadi salah satu masalahnya adalah kurangnya perbendaharaan kosakata. Kami juga ada banyak artikel kosakata loh, jadi jangan sungkan-sungkan untuk belajar dari situ juga ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!