Cara Menyatakan dan Menanyakan Umur/Usia dalam bahasa Jepang

Konnichiwa!

Saat memperkenalkan diri, biasanya orang-orang akan menyebutkan nama, asal, status dan umur, bukan?

Kali ini, WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu belajar tentang “Cara Menyatakan dan Menanyakan Umur/Usia dalam bahasa Jepang”. Namun, sebelum masuk ke pembahasan, perlu kamu ketahui dalam bahasa Jepang “umur” disebut “nenrei”. Sedangkan, satuan yang digunakan untuk menyebutkan umur adalah “-sai”.

Baiklah, mari kita mulai belajar sebutan dan cara bertanya umur dalam bahasa Jepang!

1. Cara Menyatakan Umur

Dalam bahasa Jepang, penyebutan umur/usia sebenarnya sangatlah sederhana, yaitu: sebutkan angka (umur) kemudian tambahkan akhiran (sai).

Contoh:

2 tahun → ni + sai = ni-sai

3 tahun → san + sai = san-sai

Akan tetapi ada beberapa angka yang memiliki cara baca spesial ketika digunakan untuk menyebutkan umur, yaitu: 1, 8, 10, 20, dan angka yang berakhiran 1 dan 8 ( misalnya: 21, 28, 31, 38 dan seterusnya). Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel di bawah ini:

2. Pola Kalimat Menyatakan Umur

a. Rumus Pola Kalimat 1

.

b. Rumus Pola Kalimat 2

3. Contoh Kalimat

a. Contoh Kalimat 1:

私は、15です。
わたしは、じゅうごさいです。
Saya berumur 15 tahun..

父は、50です。
ちちは、ごじゅっさいです。
Ayah saya berumur 50 tahun..

母は、48です。
ははは、よんじゅうはっさいです。
Ibu saya berumur 48 tahun..

妹は、2です。
いもうとは、にさいです。
Adik perempuan saya berumur 2 tahun.

隆さんは、27です。
りゅうさんは、にじゅうななさいです。
Ryu berumur 27 tahun..

b. Contoh Kalimat 2:

私は、ニアです。年齢は、25です。
わたしは、ニアです。ねんれいは、にじゅうごさいです。
Saya Nia. Umur (saya) 25 tahun.

4. Cara Menanyakan Umur

a. 何歳ですか(Nan-sai desu ka)

Kata tanya ini merupakan cara bertanya mengenai umur yang paling umum dan sering digunakan. Sebagaimana cara menanyakan umur dengan menyebutkan angka + akhiran -SAI. Saat menanyakan umur, angka diganti dengan kata tanya “nan” yang memiliki arti “apa”. Kemudian saat ditambahkan akhiran -SAI menjadi “nan-sai” artinya menjadi “berapa umur”.

.

b. おいくつですか (Oikutsu desu ka)

Kata tanya ini merupakan cara bertanya mengenai umur yang lebih formal/sopan daripada “nan-sai desu ka” sehingga dapat digunakan kepada orang yang lebih tua. Akan tetapi, meskipun dengan bahasa yang sopan tidak disarankan untuk menanyakan umur dari orang Jepang karena hal tersebut akan membuat penanya dianggap tidak sopan. Hal itu dikarenakan orang Jepang sangat menjaga privasi dirinya dan menghargai privasi orang lain.

5. Contoh Percakapan

すみません。ソフィアさんは、おいくつですか。
(Sumimasen. Sofia-san wa, oikutsu desu ka.)
Permisi/maaf, Saudari Sofia berumur berapa tahun?.

23です。
にじゅうさんさいです。
(Ni-juu-san-sai desu.)
(Saya) berumur 23 tahun.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana pembahasan di atas?

Apakah sekarang kamu sudah bisa menyatakan umurmu dalam bahasa Jepang?

Dalam bahasa Jepang, cara menyebutkan umur terbilang cukup mudah karena tinggal menambahkan satuan umur di belakang angka. Akan tetapi, karena adanya beberapa angka yang memiliki cara baca yang khusus maka tidak diperlukan latihan dan pemahaman yang baik mengenai aturan menyebutkan umur dalam bahasa Jepang.

Selain itu, dalam bahasa Jepang terdapat beberapa cara untuk bertanya tentang umur yang dibedakan berdasarkan tingkat kesopanannya. Meskipun demikian, menanyakan umur kepada orang Jepang adalah hal yang tidak wajar apalagi jika kamu belum memiliki hubungan akrab dengan orang tersebut. Jadi, jika tidak ada keperluan penting sebaiknya jangan tanyakan perihal umur ya!

Demikianlah pembahasan mengenai “Cara Menyatakan dan Menanyakan Umur dalam bahasa Jepang”. Semoga informasi yang telah dibagikan pada artikel ini dapat bermanfaat dan memudahkan kamu dalam belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!