Pola Kalimat N5: ~ KATA (~方)

Mina-san, konnichiwa!

Ketika ingin menguasai huruf Jepang apa saja yang kamu perlu pelajari? Ya! Agar menguasai huruf Jepang, baik hiragana, katakana maupun kanji, pembelajar bahasa Jepang harus mempelajari cara baca dan cara menulis dari masing-masing huruf. 

Berbicara mengenai “cara”, dalam melakukan setiap kegiatan dibutuhkan cara yang tepat agar suatu kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Setiap orang mungkin bisa memegang sumpit selama dia memiliki tangan, namun tidak semua orang bisa memegang sumpit dengan benar. Bukankah begitu?

Kali ini ayo belajar ungkapan tentang cara melakukan kegiatan dalam bahasa Jepang!

1. Pola Kalimat


かた
~kata

2. Arti

Cara (melakukan) ~

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan cara dalam melakukan suatu kegiatan, seperti: cara makan, cara menggunakan, cara menulis dan lain sebagainya.

Kata kerja yang digunakan pada pola ini, yaitu: kata kerja bentuk-MASU (akhiran -MASU dihilangkan).

Pola ini membuat kata kerja menjadi kata benda, sehingga di depan kata yang menggunakan pola ini perlu ditambahkan partikel NO karena penggunaan pola ini selalu di dahului dengan kata benda yang lain. Di antara dua kata benda harus ditambahkan partikel NO.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

この漢字の書きが分かりません。
このかんじのかきかたがわかりません。
(Saya) tidak mengerti cara menulis kanji ini.

山田先生の教えは、分かりやすいと思います。
やまだせんせいのおしえかたは、わかりやすいとおもいます。
Menurut saya cara mengajar guru Yamada mudah dimengerti.

餃子の作りを教えてください。
ぎょうざのつくりかたをおしえてください。
Tolong ajari saya cara membuat gyouza.

*Gyouza adalah pangsit ala Jepang yang berisi sayuran dan daging cincang.

辞書で漢字の読みを調べます。
じしょでかんじのよみかたをしらべます。
Saya memeriksa cara membaca kanji di kamus.

着物の着は、難しいですね。
きもののきかたは、むずかしいですね。
Cara memakai kimono sulit ya!

正しい箸の持ちを教えてください。
ただしいはしのもちかたをおしえてください。
Tolong ajari saya cara memegang sumpit yang benar.

ギターの弾きが上手ですね!
ギターのひきかたがじょうずですね!
Cara memetik gitar kamu pandai ya!

6. Perubahan Kata Kerja Berakhiran -SURU

Untuk kata kerja golongan 3 yang berakhiran -SURU, rumus pola kalimatnya berbeda dengan yang telah dijelaskan di atas ya!  Silahkan perhatikan rumus di bawah ini:

Contoh:

Contoh Kalimat:

この文法の説明の仕方がとても難しいです。
このぶんぽうのせつめいのしかたがとてもむずかしいです。
Cara menjelaskan tata bahasa ini sangat sulit.

オンラインでチケットの予約の仕方を教えてください。
オンラインでチケットのよやくのしかたをおしえてください。
Tolong ajari saya cara memesan tiket lewat online.

7. Daftar Kosakata

Bagaimana materi kali ini? Dibandingkan dengan materi-materi sebelumnya, cara membuat kalimat dengan pola ini terbilang sangat sederhana, bukan?

Karena untuk menguasai pola kalimat ini kamu hanya perlu memahami cara mengubah kata kerja dari bentuk kamus ke dalam bentuk -MASU saja.

Sebagai bentuk latihan, cobalah membuat kalimat bentuk negatif dengan melihat rumus dan contoh yang ada di atas ya! Karena membuat kalimat dari materi yang baru saja dipelajari akan meningkatkan pemahaman dan ingatanmu tentang pola kalimat tadi.

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat bagi teman-teman.Jangan bosan-bosan untuk belajar bersama WKWK Japanese ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!