Pola Kalimat N5: ~ NO GA SUKI DESU (~のが好きです)

Setelah sebelumnya telah membahas pola kalimat untuk mengatakan suka dan benci terhadap suatu hal pada artikel “Pola Kalimat: 〜ga suki / 〜ga kirai”, kali ini ayo belajar cara menyatakan suka mengenai kegiatan (~ no ga suki)!

Di antara berbagai aktivitas sehari-hari, pasti ada kegiatan yang paling disukai atau yang dilakukan sekedar sebagai rutinitas saja. Kegiatan yang disukai biasanya menjadi sebuah hobi yang sering dilakukan ketika memiliki waktu luang.

Artikel ini dilengkapi contoh kalimat dan contoh percakapan yang akan membuat kamu lebih mudah memahami cara menyusun kalimatnya.

Kalau begitu, mari kita mulai belajar bersama!

1. Pola Kalimat ~ no ga suki

~のが好き
~のがすき
~no ga suki

2. Arti ~ no ga suki

Suka melakukan ~

3. Penjelasan ~ no ga suki

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan “suka” dalam melakukan suatu kegiatan.

Ketika ingin menyatakan “tidak suka” dalam melakukan kegiatan dapat menggunakan bentuk negatif dari suki yaitu suki dewa arimasen / suki ja arimasen.

Kata “suki” yang artinya “suka”, juga dapat diganti dengan kata sifat lainnya, seperti: kirai (benci), muzukashii (sulit), kantan (mudah) dan lain-lain disesuaikan dengan tujuan pembicara.

Partikel NO yang digunakan pada pola ini dapat diganti dengan KOTO, namun penggunaan KOTO membuat kalimat menjadi sedikit kaku.

4. Rumus ~ no ga suki

5. Contoh Kalimat ~ no ga suki

音楽を聞くのが好きです。
おんがくをきくのがすきです。
(Saya) suka mendengarkan musik.

漢字を書くのが好きです。
かんじをかくのがすきです。
(Saya) suka menulis kanji.

黒子くんは、バスケットボールをするのが好きです。
くろこくんは、バスケットボールをするのがすきです。
 Kuroko suka bermain bola basket.

真琴先輩は海で泳ぐのが好きです。
まことせんぱいはうみでおよぐのがすきです。
Kak Makoto suka berenang di laut.

お父さんはサッカーの試合を見るのが好きです。
おとうさんはサッカーのしあいをみるのがすきです。
Ayah suka menonton pertandingan sepak bola.

ホラー映画を見るのが好きではありません。
ホラーえいがをみるのがすきではありません。
(Saya) tidak suka menonton film horor.

お姉さんは辛い食べ物を食べるのが好きではありません。
おねえさんはからいたべものをたべるのがすきではありません。
Kakak perempuan tidak suka makan makanan pedas.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana materi kali ini? Apakah sekarang kamu sudah bisa mengungkapkan kegiatan apa yang paling kamu sukai dalam bahasa Jepang?

Materi yang dibahas kali ini tidak jauh berbeda dengan materi mengenai suka dan tidak suka pada artikel sebelumnya, hanya saja karena berbicara mengenai kegiatan dan menggunakan kata kerja dalam membuat kalimat, perlu untuk menambahkan partikel NO atau KOTO saat menggunakan pola kalimat ini. Agar lebih mudah dan cepat menguasai penggunaannya, silahkan buat contoh kalimat sendiri sesuai dengan pembahasan di atas ^^

Demikianlah informasi yang dapat WKWK bagikan artikel ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!