Jenis Kata dalam Bahasa Jepang (品詞)

Mina-san, konnichiwa!

Selamat datang di situs web WKWK JAPANESE, tempat untuk belajar mina-san yang dikelola oleh orang Jepang langsung. Mina-san bisa banyak belajar di sini, mulai dari tata bahasa, kosakata, partikel, dan lain sebagainya.

Bahasan kita kali ini terkait kosakata bahasa Jepang, khususnya adalah “Jenis Kata dalam Bahasa Jepang!”.

Dalam pelajaran bahasa Indonesia kita mungkin sudah pernah bersinggungan dengan jenis-jenis kata, misalnya seperti kata kerja, kata benda, kata sambung, kata keterangan, dan lain sebagainya. Bahasa Jepang pun demikian, kata-kata di dalamnya juga dibagi lagi loh jenisnya!

Buat mina-san yang belum tahu jenis kata dalam bahasa Jepang ada apa saja, silakan baca artikel ini sampai habis ya!

Jenis Kata Bahasa Jepang Ada Apa Saja?

接続飼 (Kata Sambung)

Kata jenis ini digunakan untuk menyambung satu kalimat dengan kalimat yang lain. Beberapa contohnya adalah だから (karena), そのため (oleh karena itu), それで (jadi), dan lain sebagainya.

今朝けさぼうしました。だからこくしました。
Aku terlambat karena tadi pagi kesiangan.

これはいいです。しかしもっとなおさないとね。
Ini bagus, tetapi harus lebih diperbaiki.

感動詞 (Kata Seru)

Kata jenis ini digunakan untuk mengekspresikan perasaan atau menyatakan panggilan dari pembicara.

あ、かぎわすれました。
Ah, aku lupa kunci.

へえ、そうなんですか。
Oh, begitu.

副詞 (Kata Keterangan)

Kata ini diletakkan sebelum kata sifat atau kata kerja untuk menunjukkan derajat atau menggambarkan kata tersebut. Beberapa contohnya adalah とても (sangat)、あまり (terlalu)、しばらく (sementara waktu).

とてもいそがしい。
Sangat sibuk.

しばらくつ。
Menunggu sementara waktu.

名詞 (Kata Benda)

Kata benda adalah kata yang takkan pernah berubah, baik karena kuantitas atau karena modalitas waktu. “A” akan tetap “A” dan tak bisa diganggu gugat. Contohnya adalah まえ (nama), くるま (mobil), かさ (payung), とも (teman) dan lain sebagainya.

7学校がっこうく。
Berangkat ke sekolah jam 7.

あたらしいふくう。
Membeli baju baru.

動詞 (Kata Kerja)

Kata kerja adalah kata yang menunjukkan kegiatan atau keadaan yang dilakukan oleh subjek. Kontras dengan kata benda yang tak berubah, kata kerja bisa saja berubah tergantung beberapa kondisi. Ketika menyatakan kata kerja negatif, kata kerja lampau, kata kerja negatif lampau, semuanya memiliki akhiran yang tidak sama.

Kata kerja sendiri biasanya dibagi menjadi tiga kelompok, yang mina-san bisa baca secara lengkap hingga tuntas di link ini ya!

Selain itu, kata kerja juga dibagi menjadi dua berdasarkan derajat kesopanannya, yang biasanya diperuntukkan untuk pembelajar awam, yaitu “Bentuk Kamus” dan “Bentuk MASU”.

ほん勉強べんきょうする。
Belajar bahasa Jepang.

ゲームをしない。
Tidak bermain game.

形容詞 (Kata Sifat)

Kata ini digunakan untuk menyifati suatu benda, yang mana ia menempati posisi predikat. Misalnya, いい (bagus), たかい (tinggi), ながい (panjang), 有名ゆうめいな (terkenal), にぎやかな (tenang), dan seterusnya.

富士ふじさんたかい。
Gunung Fuji itu tinggi.

あのひとはとても有名ゆうめい
Orang itu sangat terkenal.

助詞 (Partikel)

Partikel adalah jenis kata yang menempel di kata lain dan tak bisa berdiri sendiri. Ia diletakkan setelah kata yang ditandai. Beberapa contohnya di antaranya adalah, は (penanda subjek), に (penanda tujuan), を (penanda objek) dan seterusnya.

学校がっこう勉強べんきょうします。
Belajar di sekolah.

はんべる。
Makan nasi.

Kesimpulan

Sebetulnya, jenis kata dalam bahasa Jepang ini tidak hanya terbatas menjadi tujuh jenis saja, namun ada 11. Yang ada di artikel ini adalah jenis kata terpenting yang mina-san wajib kuasai, yang tidak terlalu masuk ke dalam linguistik bahasa Jepang dan masih bisa dipahami oleh orang awam.

Sekian artikel tentang jenis kata dalam bahasa Jepang atau ひん ini, semoga bisa bermanfaat buat mina-san ya, dan bisa menjadi penyemangat dalam belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!