Pola Kalimat N5: ~ KARA ~ MADE KK MASU / DESU (~から~まで~です)

Mina-san, ogenki desu ka? Pada artikel kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu berkenalan dengan dua partikel dasar lainnya yang tidak kalah penting dalam bahasa Jepang. Partikel yang akan dibahas kali ini yaitu partikel “kara” dan partikel “made”. Akan tetapi, agar lebih mudah memahaminya kita akan belajar fungsi kedua partikel ini melalui pola kalimat ~ kara ~ made ya! Selamat belajar ?

1. Pola Kalimat ~ Kara ~ Made

~から~まで ~ます/ です
~kara~made~masu/desu

2. Arti ~ Kara ~ Made

Dari ~ sampai ~

3. Penjelasan ~ Kara ~ Made

Pola kalimat ini digunakan untuk menunjukkan titik permulaan dan titik akhir waktu atau tempat. Kara yang artinya “dari” menunjukkan titik permulaan, sedangkan made yang artinya “sampai” menunjukkan titik akhir/batas. Kara dan made termasuk partikel dasar dalam bahasa Jepang. Kedua partikel ini biasanya diletakkan di belakang kata benda. Pola kalimat ini biasanya digunakan ketika ingin mengungkapkan waktu yang dibutuhkan dari satu tempat ke tempat yang lain atau jangka waktu suatu kegiatan dilakukan.

4. Rumus ~ Kara ~ Made

5. Contoh Kalimat ~ Kara ~ Made

インドネシアから日本まで7時間かかります。
インドネシアからにほんまで7じかんかかります。
Dari Indonesia sampai Jepang membutuhkan/memakan waktu selama 7 jam..

私は9時から6時まで働きます。
わたしは9じから6じまではたらきます。
Saya bekerja dari jam 9 sampai jam 6.

私は8時から11時まで勉強します。
わたしは8じから11じまでべんきょうします。
Saya akan belajar dari jam 8 sampai jam 11.

休みは月曜日から金曜日までです。
やすみはげつようびからきんようびまでです。
Libur dari hari senin sampai hari jumat.

展覧会は1日から3日までです。
てんらんかいはついたちからみっかまでです。
Pameran mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 3.

銀行は8時から3時までです。
ぎんこうは8じから3じまでです。
Bank buka dari jam 8 sampai jam 3.

Selain digunakan bersamaan dalam satu kalimat, kamu juga bisa menggunakan salah satu partikel saja, misalnya kara atau made saja.

Contoh:

断食は明日から始まります。
だんじきはあしたからはじまります。
Puasa akan dimulai dari besok.

私はタイから来ました。
わたしはタイからきました。
Saya datang dari Thailand.

仕事は土曜日までです。
しごとはどようびまでです。
Kerja sampai hari sabtu.

6. Daftar Kosakata

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pola kalimat yang menggunakan partikel kara dan partikel made. Apakah sekarang kamu sudah paham cara penggunaannya dalam kalimat?

Adakalanya kamu bisa menggunakan salah satu partikel saja dari kedua partikel tersebut loh! Misalnya ketika kamu hanya ingin menyebutkan waktu kamu memulai suatu kegiatan tanpa ingin menyebutkan kapan waktu selesainya.

Demikianlah materi pada artikel kali ini, semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!