Kosakata JLPT N3 [12] – Kesehatan

Kata untuk menunjukkan konsep kesehatan dalam bahasa Jepang adalah 健康けんこう. Ngomongin soal kesehatan, mina-san apakah sering menggunakan kosakata seputar kesehatan dalam bahasa Jepang? Mungkin beberapa sudah pernah mina-san dengar, seperti berhenti merokok (たばこをやめる), joging (ジョギング`する ) dan bagus buat badan (からだい). Buat mina-san yang ingin tahu lebih banyak soal kosakata yang termasuk ke dalam jenis ini, simak artikel sampai akhir ya!

みなさん、こんにちは!
Halo mina-san!

Bagaimana perkembangan belajar kalian selama ini? Apakah berkembang atau bahkan malah stagnan? Kami harap kalian masih tetap semangat belajar bahasa Jepang ya. Kami dukung dari kejauhan!

Bahasan kita kali ini adalah “Kosakata JLPT N3 [12] – Kesehatan”. Buat kalian yang belum baca artikel kosakata bagian 11 tentang kecantikan, kalian bisa klik “Kosakata JLPT N3 [11] – Kecantikan”, ya! Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, kita langsung lihat saja daftar kosakatanya yuk!

Daftar Kosakata Kesehatan

NomorKataKanaArti
1体力たいりょくKekuatan fisik
2体操するたいそうするSenam
3全身ぜんしんSeluruh badan
4筋肉きんにくOtot
5汗が出るあせがでるBerkeringat
6いきNafas
7苦しいくるしいSesak
8中年ちゅうねんParuh baya
9普段ふだんBiasanya
10健康けんこうKesehatan
11禁煙きんえんBerhenti merokok
12内緒にないしょにSecara diam-diam
13無駄むだSia-sia
14意志いしKehendak, niat
15影響えいきょうPengaruh
16与えるあたえるMemberikan, memberikan

Contoh dalam Kalimat

ボードに禁煙きんえんいてあることを無視むしして、かれはたばこをっている。
Dia merokok menghiraukan bahwa di papan telah tertulis “dilarang merokok”.

心臓しんぞう筋肉きんにくでできていることはもうっている?
Apakah kamu sudah tahu bahwa jantung terdiri atas otot?

ゴミをかわてるとわる影響えいきょうあたえるよ。
Membuang sampai di sungai akan membawa pengaruh buruk.

女性じょせい体力的たいりょくてき男性だんせいよりよわい。
Perempuan itu lebih lemah dibanding lelaki perihal kekuatan fisik.

普段ふだん野菜やさいべないあなたには、ぴったりのジュースです。
Jus yang cocok untuk kamu yang biasanya tidak makan sayur.

Kata Serupa

普段ふだんdan 普通ふつう

Keduanya merupakan kata mirip yang juga diawali dengan kanji yang sama. 普段ふだん digunakan untuk menyebut kebiasaan, sedangkan 普通ふつう digunakan untuk menyebut sesuatu yang normal berdasarkan suatu standar.

普段ふだん、たばこをわない

普通ふつう、たばこをわない。

Kalimat 1) bermakna dia (biasanya memang) tidak merokok, menyangkut kebiasaan subjek yang disebutkan. Sedangkan kalimat 2) menyatakan bahwa “normalnya” orang-orang tidak merokok.

あげる dan あたえる

Keduanya memiliki kemiripan dalam satu hal, namun tidak sama dalam hal yang lainnya. Di antara arti dari あげる adalah 1) menaikkan, 2) memberi, 3) menyelesaikan dan seterusnya. Sedangkan あたえる mempunyai makna 1) memberikan (dari yang statusnya lebih tinggi), dan 2) membawa (pengaruh).

◯こどもにおやつをあたえる。
◯こどもにおやつをあげる。

わる影響えいきょうあたえる。

わる影響えいきょうをあげる。

あせる dan あせをかく

Keduanya merupakan kata yang bisa menggantikan satu sama lain.

Daftar Kosakata yang Dipakai dalam Contoh Kalimat

Berikut adalah daftar kosakata yang digunakan pada beberapa contoh kalimat di atas.

NomorKataKanaArti
1ボードPapan
2書くかくMenulis
3無視するむしするMenghiraukan
4心臓しんぞうJantung
5できるTerbuat, terdiri
6ゴミSampah
7かわSungai
8捨てるすてるMembuang
9悪いわるいBuruk
10女性じょせいPerempuan
11男性だんせいLaki-laki
12弱いよわいLemah
13ぴったりPas
14ジュースJus

Penutup

Itulah “Kosakata JLPT N3 [12] – Kesehatan”. Apakah mina-san sudah hafal dengan daftar kosakata yang disebut di atas? Mina-san harus hafal ya, karena kosakata adalah jantungnya suatu bahasa.

Sekian untuk artikel yang berjudul “Kosakata JLPT N3 [12] – Kesehatan” ini, semoga bisa membantu mina-san mempelajari kosakata bahasa Jepang, dan semoga bisa menjadi rujukan mina-san untuk mencari daftar kosakata terkait keluarga dan teman khususnya setingkat N3. Terima kasih sudah mampir ke WKWK JAPANESE!

Kelas Intensif

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

Sekian untuk artikel kali ini. Semoga bisa membantu mina-san untuk belajar bahasa Jepang. Terima kasih sudah mampir di situs web WKWK JAPANESE! Jangan sungkan-sungkan untuk mampir lagi ya~

さいまでんでくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah mau membaca sampai habis!

SHARE