Peta Pembelajaran N5/N4

Mina-san konnichiwa!

Kali ini ayo sama-sama mengenal tentang bentuk-bentuk soal yang akan keluar dalam ujian, persiapan yang dibutuhkan dan cara belajar yang efisien untuk menghadapi ujian JLPT nanti!

Level N5 dan N4 adalah tingkat JLPT yang paling awal atau yang paling mudah. Sebelum menghadapi ujian level ini, pembelajar bahasa Jepang diharapkan sudah mampu menguasai semua huruf hiragana dan katakana, hingga kira-kira 100 kanji untuk N5 dan 300 kanji untuk N4. Sementara itu untuk kemampuan kosakatanya 800 kosakata untuk N5 dan 1500 kosakata untuk N4 sebagai modal untuk mengerjakan soal-soal saat ujian. Selain penguasaan kanji dan kosakata, jangan lupa untuk belajar pola kalimat juga ya!

Nah, sebenarnya bentuk soal-soal dalam ujian JLPT level N5 dan N4 ini seperti apa sih? 

1. Bentuk-Bentuk Soal JLPT

Ujian JLPT N5 dan N4 terbagi menjadi tiga sesi, yaitu: sesi kanji dan kosakata, sesi pola kalimat & bacaan, dan terakhir sesi soal mendengarkan.

Mari kita bahas bersama bentuk-bentuk soal yang ada pada masing-masing sesi.

a. Sesi Huruf dan Kosata (文字・語彙 / Moji & Goi

Cara baca kanji

Kamu akan diminta untuk memilih jawaban yang paling benar, yaitu pilihan kosakata yang ditulis dengan huruf hiragana yang paling sesuai dengan cara baca kanji yang digaris bawahi pada soal.

Penulisan yang tepat (Kanji atau katakana)

Kebalikan dari bentuk soal yang pertama, bentuk soal kedua kamu akan diminta untuk mencari huruf kanji atau katakana yang tepat dari tulisan hiragana yang digaris bawahi pada soal. 

Hati-hati dengan huruf kanji yang bentuknya mirip dan panjang pendek pada kosakata yang ditulis dengan katakana ya!

Perubahan bentuk Kata Sifat dan Kata Kerja

Kamu akan diminta untuk mengisi bagian kosong pada ( ) dengan kata sifat atau kata kerja. Jangan lupa untuk membaca soal dengan teliti agar tahu kosakata mana yang cocok untuk mengisi bagian yang kosong dan perhatikan perubahan kata ya! Misalnya bentuk lampau, bentuk negatif dan lain-lain.

Mencari kata yang memiliki arti sama (Sinonim)

Kamu akan menemukan soal berbentuk kalimat pernyataan yang digaris bawahi kemudian kamu diminta untuk memilih pernyataan mana yang memiliki arti yang sama dengan pernyataan yang ada di soal.

Penggunaan kosakata yang tepat

Setiap nomor akan ada satu kosakata dan kamu harus memilih jawaban berupa kalimat yang menggunakan kosakata tersebut sesuai dengan penggunaannya yang tepat.

b. SESI POLA KALIMAT DAN BACAAN (文法・読解 / Bunpou & Dokkai)

POLA KALIMAT (文法/Bunpou)

Partikel

Kamu akan diminta untuk mencari partikel yang cocok untuk melengkapi bagian yang kosong pada (    ). Karena ujian ini memiliki batas waktu, kita memang dituntut untuk membaca cepat tapi jangan sampai tidak teliti dan terkecoh ya!

Memilih kosakata yang tepat

Kamu akan diminta untuk melengkapi bagian yang kosong (  ) pada kalimat dengan kosakata yang tepat. Perhatikan perubahan katanya juga ya! Seperti bentuk akhiran-te, bentuk lampau, bentuk negatif dan lain-lain.

Menyusun kalimat

Pada soal ini akan ada kalimat yang belum lengkap dan kamu akan diminta untuk mencari bagian yang diberi simbol bintang. Caranya dengan menyusun pilihan-pilihan jawaban tersebut menjadi kalimat yang sesuai untuk menentukan pilihan yang paling tepat.

Mencari kata atau ungkapan yang cocok

Pada bentuk soal ini kamu akan diminta untuk memilih jawaban yang paling tepat untuk mengisi bagian yang kosong (di dalam kotak) pada bacaan singkat. Biasanya satu bacaan  untuk 2-3 soal. Pilihannya bisa berupa kata kerja, kata sifat, ungkapan singkat dan lain-lain. Perhatikan juga untuk perubahan katanya ya!

BACAAN (読解/Dokkai)

Menjawab pertanyaan dengan informasi yang ada di surat singkat

Kamu akan diminta untuk membaca surat singkat terlebih dahulu lalu menjawab pertanyaan. Informasi tertulis jelas di dalam surat tersebut, jadi asalkan kamu mengerti isi surat dan pertanyaannya, kemungkinannya sangat besar untuk kamu bisa menjawab pertanyaan dengan bentuk soal ini. Tips yang bisa kamu praktekkan yaitu membaca pertanyaan terlebih dahulu lalu suratnya agar saat membaca bisa fokus mencari informasi yang ditanyakan.

Menjawab pertanyaan dengan informasi yang ada di bacaan singkat

Kamu akan diminta untuk membaca bacaan yang telah disediakan kemudian menjawab pertanyaan yang ada di bawahnya. Informasi yang ditanyakan sudah tertera di dalam bacaan, jadi diharapkan kamu mampu memahami isi bacaan, setidaknya mengenai informasi yang berhubungan dengan pertanyaan.

Menjawab pertanyaan dengan melihat tabel

Kamu akan diminta menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang tertera pada tabel yang ada di lembar soal. Bacalah dengan teliti setiap informasi yang tertulis di tabel. Biasanya ada dua tabel yang berhubungan, carilah informasi yang paling tepat dan sesuai dengan pertanyaan.

c. Sesi Mendengarkan (聴解 / Choukai)

Dengarkan pertanyaan, percakapan, dengarkan pertanyaan lagi lalu jawablah

Pada lembar soal akan ada pilihan berupa gambar, kemudian kamu harus memilih gambar yang paling tepat sebagai jawaban dari pertanyaan. Urutan pengerjaannya yaitu: 

  1. Mendengarkan pertanyaannya terlebih dahulu, 
  2. Mendengarkan percakapan singkat
  3. Pertanyaannya akan dibacakan lagi, 
  4. Menjawab pertanyaan. 

Karena pertanyaan sudah dibacakan terlebih dahulu, fokuslah untuk mendengarkan informasi yang berhubungan dengan pertanyaan.

Dengarkan pertanyaan, percakapan, dengarkan pertanyaan lagi lalu jawablah

Pada lembar soal akan ada gambar lagi namun pilihan jawabannya tidak berupa gambar. Kamu akan diminta mendengarkan soal dan percakapan mengenai gambar tersebut. Setelah itu kamu harus memilih jawaban yang paling tepat di antara 1, 2, 3 atau 4.

Carilah ungkapan yang tepat 

Pada soal ini akan ada gambar, setelah mendengarkan percakapan kamu diminta untuk memilih ungkapan yang paling tepat dikatakan oleh orang yang diberi tanda panah.

Dengarkan dan jawablah

Pada soal ini tidak ada gambar ataupun tulisan. kamu diminta mendengarkan kalimat melalui audio yang diputar, lalu kamu harus memilih jawaban tentang ungkapan yang tepat dan sesuai dengan kalimat yang telah kamu dengar.

2.  Keterampilan dalam Menjawab Soal JLPT 

Untuk menghadapi ujian JLPT tentu saja diperlukan beberapa keterampilan agar bisa menjawab soal dengan benar dalam waktu yang singkat, mengingat ada waktu yang telah ditetapkan pada setiap sesi. Jika waktu pengerjaan telah habis, meskipun kamu belum selesai, pengawas tetap akan segera mengumpulkan lembar jawaban dan soal milikmu. Sangat berbeda saat ujian di sekolah ya!

Oke jadi, langsung saja kita bahas beberapa keterampilan yang perlu kamu kuasai untuk dapat menjawab soal JLPT!

  1. Kuasai Huruf Jepang dan Kosakata

Tidak mungkin kamu menjawab soal tanpa membacanya bukan? Oleh karena itu kamu harus menguasai huruf Jepang terlebih dahulu agar bisa membaca soal, bacaan dan jawaban. Hiragana dan katakana harus udah di luar kepala ya! Maksudnya tidak boleh ada yang kamu lupa, perbiasakan kehidupanmu dengan dua huruf ini seperti layaknya huruf alfabet. Selain itu, sebisa mungkin perbanyak penguasaan kanji dan kosakatamu ya!

  1. Kuasai Pola Kalimat dan Partikel

Pada Ujian JLPT tidak hanya berbicara mengenai huruf dan kosakata, tapi ada sesi ujian untuk mengevaluasi kemampuan Pola Kalimat dan Partikelmu. Jadi jangan lupakan hal ini ya! Perbanyak melatih dengan membuat contoh-contoh kalimat dari pola kalimat dan partikel-partikel yang telah kamu pelajari.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Agar tidak kaget saat ujian nanti, perbiasakanlah dengan menjawab soal-soal JLPT tahun-tahun sebelumnya. Dengan perbanyak latihan soal, kamu akan semakin akrab dengan berbagai bentuk soal yang sering keluar saat ujian JLPT dan kamu akan semakin memahami cara yang efisien dalam menghadapi bentuk-bentuk soal seperti itu.

Kamu bisa mendapatkan contoh-contoh soal JLPT di buku, internet atau dengan mengunduh aplikasi-aplikasi yang dirancang untuk persiapan JLPT. Dunia sekarang sudah sangat canggih, jangan biarkan kamu merugi karena tidak memanfaatkan informasi dan teknologi yang sudah ada ya! 

  1. Eliminasi Jawaban

Tips ke-4 ini digunakan agar kamu bisa mempersempit/mengurangi ke-galau-anmu dalam memilih jawaban yang benar. Caranya adalah setelah membaca jawaban, jika menurut kamu ada pilihan yang sangat tidak masuk akal atau tidak ada hubungannya dengan pertanyaan, dan yakin bahwa itu salah, maka langsung ELIMINASI! Jangan ditunda! Fokuslah pada pilihan lain yang kemungkinannya lebih tinggi, lalu pilihlah jawaban yang paling tepat.

3. Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Menghadapi Ujian JLPT

a. Tips Belajar Huruf Jepang (Hiragana, Katakana dan Kanji)

  • Hafalkan Cara Baca

Dalam belajar huruf bahasa Jepang, mulailah dengan cara yang paling mudah yaitu mengingat cara baca masing-masing huruf. Karena bahasa Jepang menggunakan 3 jenis huruf, silahkan belajar dari huruf hiragana, kemudian katakana dan terakhir huruf kanji. Pada proses menghafal cara baca hiragana dan katakana, kamu bisa menggunakan tabel yang kamu buat sendiri, membelinya atau mencarinya di internet.

  • Hafalkan Kunyomi dan Onyomi

Karena Kanji memiliki banyak cara baca, yaitu ada kunyomi dan onyominya maka kamu perlu menghafalkan berbagai cara bacanya ya! Tidak boleh hanya satu saja. Pasti akan ada yang berpikir “Aduh, pusing! Banyak banget” , tapi jangan khawatir! Kamu bisa menghafal berbagai cara baca dengan mencari contoh kosakata yang mewakili satu cara baca. Dengan begitu, pengetahuan kanji dan kosakatamu seiring sejalan kan~ Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui! 

  • Pakai Flashcard

Saat menghafal huruf Jepang, kamu bisa menggunakan flashcard agar kamu bisa belajar seperti bermain agar belajar bahasa Jepang menjadi menyenangkan! Kamu bisa membeli flashcard di online shop ataupun membuat sendiri menggunakan karton agar kemampuan menulismu ikut meningkat! Di setiap flashcard tulislah huruf Jepang di bagian depan, lalu tulis cara baca dan arti di bagian belakang. Kamu juga bisa menambahkan contoh penggunaan kosakata tersebut dengan huruf kecil di bawah cara baca dan artinya agar mudah diingat.

  • Pelajari Urutan Penulisan

Belajarlah dari awal dengan menulis sesuai urutan penulisan ya! Karena ini akan sangat mempengaruhi masa depan kamu dalam proses pembelajaran bahasa Jepang.

  • Menjiplak

Setelah mengetahui urutan penulisan yang benar, tahan dulu untuk menulisnya secara mandiri ya! Latihan menulis sesuai urutan dengan menjiplak huruf hiragana dan katakana adalah cara untuk membiasakan kamu menulis huruf Jepang sesuai dengan bentuk yang benar. Untuk menjiplak hiragana dan katakana, kamu bisa mencari lembar latihannya di toko buku secara offline maupun online atau mencarinya di internet. 

  • Latihan menulis

Ini adalah cara belajar terakurat dan tidak boleh dilewatkan. Meskipun prosesnya memakan waktu dan tenaga, percayalah jika kamu melakukan cara ini dalam proses belajar huruf Jepang, maka kemampuan huruf Jepangmu akan meningkat dan kamu tidak akan mudah lupa! Seperti kenangan tentangmu dan dia *eh wkwkwk

Oh iya, saat menulis harus sambil mengucapkan ya! Supaya latihannya sambil lihat, baca, dengan dan tulis! Lengkap bukan

b. Tips Belajar Kosakata

  • Menghafal kosakata dengan tema

Cobalah menghafal kosakata dengan tema, misalnya: kosakata tentang sekolah. Dengan cara ini kamu mudah mengingat kosakata karena satu dan lainnya berkaitan. Usahakan pilihlah tema yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari agar Ketika kamu melihat hal tersebut kamu bisa sekamu mengingat kosakata bahasa Jepangnya.

  • Gunakan sticky notes

Kamu bisa menggunakan sticky notes dalam proses belajar kosakata. Tulislah kosakata bahasa Jepang yang ingin kamu pelajari menggunakan huruf Jepang (minimal hiragana), lalu sebisa mungkin tempelkan pada benda yang ada hubungannya dengan kosakata tersebut. Dengan begitu kamu bisa melihat kosakata tersebut setiap hari dan mengingatnya dengan mudah dan secara alami.

  • Buat kalimat

Tidak hanya sekedar menghafal, untuk memahami cara penggunaan kosakata tersebut buatlah kalimat dari setiap kosakata yang sedang kamu pelajari. Cara ini dapat membuat ingatanmu tentang kosakata tersebut semakin kuat

c. Tips Belajar Pola Kalimat

  • Buat kalimat

Setiap kamu selesai belajar satu pola kalimat, buatlah beberapa kalimat menggunakan pola kalimat tersebut. Cara ini akan memudahkan kamu dalam menghafal pola kalimat. Karena jika hanya belajar atau menghafal rumus pola kalimatnya saja tanpa diaplikasikan, maka pola itu akan dengan mudah kamu lupakan. 

  • Kualitas dan konsisten

Sebenarnya cara ini bukan hanya untuk cara belajar pola kalimat, tapi kamu bisa menerapkannya pada pembelajaran huruf dan kosakata juga. Saat belajar pola kalimat kamu tidak perlu terburu-buru dengan menghafalkan banyak pola kalimat, cobalah dengan mulai belajar sebanyak dua pola kalimat saja dalam sehari secara konsisten. Kuncinya konsisten ya!

4. Tips Belajar Mendengarkan

  • Untuk meningkatkan kemampuan mendengar bahasa Jepangmu dalam persiapan JLPT, kamu bisa mencari contoh-contoh soal dengan membeli buku yang dilengkapi dengan audio atau mencarinya di internet. Perbanyak latihan mendengar agar kamu terbiasa ya!
  • Untuk meningkatkan kemampuan mendengar bahasa Jepang secara umum, rajinlah mendengarkan bahasa Jepang seperti lagu-lagu Jepang , menonton acara TV, anime, drama atau channel youtube kesukaanmu yang menggunakan bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!