Pola Kalimat N5: ~NO GA HETA DESU ~のが下手です | Bahasa Jepang

Konnichiwa! Apakah kamu punya kelebihan dalam suatu bidang? Kalau kekurangan? Untuk menyatakan kekurangan dalam bahasa Jepang kita biasa menggunakan ~ no ga heta!

Sebagai manusia, memiliki kelebihan dan kekurangan merupakan suatu hal yang wajar. Oleh karena itu, tidak boleh sombong dan merendahkan orang lain ketika kita memiliki kelebihan dan tidak boleh juga untuk menutup dan merasa rendah diri ketika menyadari kekurangan yang ada di dalam diri kita. Hal yang harus kita lakukan adalah bersyukur dan memaksimalkan apa yang kita punya agar bahagia serta bisa bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Pada artikel kali ini WKWK JAPANESE ingin mengajak kamu untuk belajar materi yang berkaitan dengan ketidakmampuan seseorang dalam suatu bidang. Materi hari ini yaitu pola kalimat “~no ga heta”. Bagaimanakah cara penggunaannya?

Ayo pelajari bersama-sama!

1. Pola Kalimat

~のが下手
~のがへた
~no ga heta

2. Arti

Payah dalam ~ (hal berupa kegiatan)

3. Penjelasan

Pola kalimat ini digunakan untuk menyatakan rendahnya kemampuan seseorang dalam melakukan suatu kegiatan.

Jenis kata yang dapat digunakan pada pola ini hanyalah kata kerja, yaitu: kata kerja bentuk kamus.

Partikel NO yang digunakan pada pola kalimat ini berfungsi untuk mengubah kata kerja menjadi kata benda.

Ketika ingin menyampaikan bodoh/payah dalam melakukan suatu kegiatan di masa lalu, kata sifat HETA yang diubah ke dalam bentuk lampau. Sedangkan, kata kerja yang digunakan tetap kata kerja bentuk kamus.

Pola kalimat ini dapat digunakan kepada diri sendiri maupun orang lain, akan tetapi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel “Pola Kalimat: ~ga jouzu / tokui / heta”, penggunaan kata HETA akan menimbulkan kesan yang kuat dan merendahkan sehingga  lebih baik menggunakan bentuk negatif dari JOUZU ketika membicarakan mengenai ketidakterampilan orang lain, yaitu jouzu dewa/ja arimasen”.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat

泳ぐのが下手です。
およぐのがへたです。
(Saya) bodoh/payah dalam berenang.

漢字を書くのが下手です。
かんじをかくのがへたです。
(Saya) bodoh/payah dalam menulis kanji.

絵を描くのが下手です。
えをかくのがへたです。
(Saya) bodoh/payah dalam menggambar.

私は、走るのが下手です。
わたしは、はしるのがへたです。
Saya bodoh/payah dalam berlari.

兄は、英語の歌を歌うのが下手だと思います。
あには、えいごのうたをうたうのがへただとおもいます。
Menurut saya kakak laki-laki saya bodoh/payah dalam bernyanyi lagu bahasa Inggris.

彼女は、私に「知らない人と話すのが下手です」と言いました。
かのじょは、わたしに「しらないひととはなすのがへたです」といいました。
Dia mengatakan kepadaku bahwa “saya bodoh/payah dalam berbicara dengan orang yang tidak saya kenal”.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana materi tadi? Tidak sulit, bukan?

Kata “heta” yang digunakan pada pola kalimat yang telah kita pelajari hari ini memiliki arti “bodoh/payah”, sehingga pola ini digunakan ketika ingin mengungkapkan ketidakmampuan dalam melakukan suatu kegiatan. Akan tetapi, meskipun pola ini dapat digunakan kepada diri sendiri dan orang lain, sebaiknya tidak menggunakannya kepada orang lain karena akan terkesan merendahkan orang tersebut. Sebagai gantinya, gunakanlah bentuk negatif dari “jouzu” yaitu: “jouzu dewa/ja arimasen”.

Demikianlah pembahasan mengenai pola kalimat~no ga heta”.

Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!