Kosakata Terkait Orang dalam Bahasa Jepang

Halo mina-san! Bertemu dengan orang-orang adalah hal yang tak bisa dihindari, karena memang manusia adalah makhluk sosial. Mina-san bisa tidak menyatakan berbagai jenis orang menggunakan bahasa Jepang? Kalau belum, yuk cek artikel di bawah ya! Kali ini kita akan membahas kata-kata yang berkaitan dengan penyebutan berbagai jenis orang menggunakan bahasa Jepang.

Kosakata yang Berkaitan dengan Orang

KanjiHiraganaArti
ひとOrang
男の人おとこのひとPria
女の人おんなのひとWanita
男性だんせいLelaki
女性じょせいPerempuan
男の子おとこのこAnak laki-laki
女の子おんなのこAnak perempuan
子供こどもAnak-anak
大人おとなOrang dewasa
外国人がいこくじんOrang asing
友達ともだちTeman
友人ゆうじんSahabat
幼馴染みおさななじみTeman masa kecil
知り合いしりあいKenalan
知人ちじんKenalan
彼氏かれしPacar (pria)
彼女かのじょPacar (wanita)
恋人こいびとKekasih
隣人りんじんTetangga
近所の人きんじょのひとTetangga

彼氏・彼女 dengan 恋人

Kalau arti dan cara menggunakan 彼女 dan 彼氏 pasti mina-san sudah tahu. 彼女 dipakai untuk menunjuk pacar perempuan, sedangkan 彼氏 digunakan untuk menunjuk pacar laki-laki. Perlu diketahui, 彼女 juga bisa digunakan untuk menyebut “dia” perempuan, sehingga tidak melulu artinya hanyalah pacar perempuan. Sedangkan untuk 彼氏, hanya digunakan untuk menunjuk pacar laki-laki saja. Apabila ingin menyebut “dia” laki-laki dalam bahasa Jepang, maka yang digunakan adalah kata 彼.

LelakiPerempuan
Dia彼女
Pacar彼氏彼女

Kalau sudah ada kata 彼氏 dan 彼女 untuk menyatakan “pacar” dalam bahasa Jepang, mengapa ada kata 恋人 juga? Berdasarkan tabel daftar kata di atas, terjemahan dari 恋人 adalah kekasih. Yang dimaksud dengan kekasih di sini adalah orang yang sangat spesial, yang seseorang ingin hidup dengannya sampai akhir hayat. Ungkapan ini juga bisa digunakan sebagai eufisme (penghalusan kata) untuk dua orang saling mencintai namun tinggal bersama tanpa ikatan pernikahan.

知り合い dan 知人

Keduanya sama-sama memiliki makna kenalan, namun dengan bentuk yang berbeda. 知り合い adalah kata asli Jepang, makanya ia dibaca dengan cara baca kun atau kunyomi. Sedangkan 知人 adalah kata yang berasal dari Cina, makanya ia dibaca dengan cara baca Cina.

日本に来てからの初めての知り合い
にほんにきてからのはじめてのしりあい
Kenalan pertama semenjak saya datang ke Jepang.

隣人 dan 近所の人

Kedua ini juga mirip dengan pembahasan di atas, keduanya memiliki arti yang sama, yakni tetangga. 隣人 diambil dari kata 隣 (sebelah) dan 人 (orang). Sedangkan 近所の人 terbentuk dari 近所 (kawasan tetangga) dan 人 (orang). Mau pakai yang mana pun boleh-boleh saja, namun 隣人 terdengar lebih kaku dibandingkan 近所の人 atau 近所さん.

近所さんからプレゼントが来た。
きんじょさんからプレゼントがきた。
Ada hadiah dari tetangga.

Contoh Kalimat

男の人は体力が女の人より強い。
おとこのひとはたいりょくがおんなのひとよりつよい。
Fisik laki-laki itu lebih kuat daripada perempuan.

子供が好きではない私は、一生結婚しないつもりです。
こどもがすきではないわたしは、いっしょうけっこんしないつもりです。
Saya yang tak suka anak-anak, berencana takkan menikah selamanya.

彼女の誕生日に、チョコレートをあげました。
かのじょのたんじょうびに、チョコレートをあげました。
Saya memberikan coklat ke pacar pada hari ulang tahunnya.

近所の人はサッカーが上手だと思います。
きんじょのひとはサッカーがじょうずだとおもいます。
Saya rasa tetangga saya jago bermain sepak bola.

長い間、よく遊んでいた幼馴染みに会っていない。
ながいあいだ、よくあそんでいたおさななじみにあっていない。
Sudah lama saya tak bertemu teman masa kecil yang dulunya kita sering bermain bersama.

Daftar Kosakata

KanjiHiraganaArti
体力たいりょくKekuatan fisik
強いつよいKuat
好きすきSuka
一生いっしょうSeumur hidup
結婚するけっこんするMenikah
誕生日たんじょうびHari ulang tahun
チョコレートCoklat
あげるMemberi
サッカーSepak bola
上手じょうずMahir, jago
長いながいPanjang
あいだAntara, rentang waktu
遊ぶあそぶBermain
会うあうBertemu

Penutup

Itulah daftar kosakata terkait penyebutan berbagai jenis orang menggunakan bahasa Jepang. Bagaimana mina-san sudah dihafal belum? Kalau bisa dihafal ya mina-san, supaya ketika mengobrol dengan orang Jepang tidak bingung lagi.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!