Natsu Matsuri – Festival Musim Panas di Jepang

Mina-san, konnichiwa!

Apakah kalian tahu apa arti Matsuri? 

Matsuri adalah festival atau perayaan di Jepang yang umumnya diadakan sebagai bentuk persembahan kepada Kamisama (Dewa). Dalam setahun, ada banyak sekali festival yang diselenggarakan di Jepang kira-kira 100.000 hingga 300.000 festival! Wah, banyak sekali ya!

Artikel kali ini akan membahas salah satu festival tahunan yang rutin dilaksanakan pada saat musim panas di Jepang, yaitu Natsu Matsuri. Ayo simak pembahasannya sampai akhir ya!

1. Tentang Natsu Matsuri 

(Natsu) artinya musim panas dan 祭り (Matsuri) artinya festival. Sehingga 夏祭り(Natsu matsuri) dalam bahasa Indonesia artinya Festival Musim Panas. Perayaan Natsu matsuri berbeda-beda di setiap daerah, namun pada umumnya festival ini dilaksanakan selama periode musim panas yakni sekitar bulan Juli sampai Agustus.

2. Tujuan Natsu Matsuri

Pelaksanaan festival musim panas didasari berbagai tujuan, seperti: sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada Dewa di kuil, memohon agar tanaman-tanaman dilindungi dari hama dan angin topan, memohon perlindungan dari wabah penyakit dan bencana.

3. Cara Menikmati Natsu Matsuri

Pada umumnya orang Jepang akan datang bersama keluarga, teman atau pasangan sambil mengenakan pakaian tradisional Jepang yaitu yukata atau happi. Tidak hanya pengunjung lokal, festival ini juga menarik minat para wisatawan untuk datang ke festival ini. Banyak juga wisatawan yang datang dengan memakai yukata loh!

Ada juga yang memakai topeng tradisional sambil berjalan-jalan menikmati festival. Topeng yang dikenakan ada berbagai macam, misalnya hyottoko, okame, kitsune dan lain sebagainya. 

Banyak hal yang bisa kamu saksikan dan lakukan untuk menikmati festival musim panas

di Jepang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memakai yukata atau happi
Yukata
Sumber foto: www.photo-ac.com

Happi
Sumber foto: www.photo-ac.com

.

  • Mencoba berbagai makanan yang dijual di yatai (kedai/warung)
Sumber foto: www.photo-ac.com

  • Mencoba berbagai permainan
Sumber foto: www.photo-ac.com

  • Melihat hanabi (kembang api)
Sumber foto: www.photo-ac.com

4. Kuliner Khas Natsu Matsuri

Di area festival biasanya banyak yatai (kedai/warung) yang menjual berbagai macam makanan yang bisa dinikmati. Berikut ini beberapa makanan yang biasa dijual di yatai, yaitu:

  • Ringo ame
Sumber foto: www.photo-ac.com

Karamel yang dibalut di luar buah apel membuat permen ini memiliki tekstur yang garing di luar. Perpaduan manisnya karamel dan segarnya buah apel asli sangat cocok dinikmati saat musim panas. Selain rasanya yang enak, penampilan ringo ame sangat kawaii (imut) dan instagrammable yang membuatnya populer sehingga banyak orang yang akan mengambil foto permen ini dan mempostingnya di akun media sosial mereka loh!

.

  • Wata ame
Sumber foto: www.photo-ac.com

わたあめ (Wata ame) dalam bahasa Indonesia permen kapas atau gulali. Permen kapas ini disajikan dalam beragam bentuk yang kawaii (imut) dan berwarna-warni sehingga banyak diminati oleh anak-anak hingga orang dewasa (khususnya perempuan).

.

  • Choko banana 
Sumber foto: www.photo-ac.com

.

Jajanan ini dibuat dari buah pisang yang dilumuri coklat leleh kemudian ditaburi berbagai toping yang membuat jajanan ini tidak hanya lezat tapi juga menarik! Perpaduan buah pisang dan coklat memang the best sih! Karena cara membuat choco banana sangatlah mudah, kamu juga bisa mencoba membuatnya di rumah.

.

  • Kakigoori
Sumber foto: www.photo-ac.com

Pergi ke festival musim panas, rasanya belum lengkap jika belum menikmati segarnya kakigoori. かき氷 (kakigoori) adalah jajanan es dari serutan es yang diberi sirup dengan berbagai pilihan aneka rasa buah yang akan membuatmu tetap segar selama menikmati festival.

.

  • Takoyaki
Sumber foto: www.photo-ac.com

たこ焼き(takoyaki)  merupakan makanan asal daerah Kansai ini berbentuk bola-bola kecil kecil yang dibuat dari adonan tepung terigu yang dilengkapi potongan gurita. Saus takoyaki, mayonnaise serta topping katsuo bushi membuat jajanan ini menjadi salah satu jajanan laris manis saat festival musim panas di Jepang. 

.

  • Yakisoba
Sumber foto: www.photo-ac.com

焼きそば (Yakisoba) merupakan mie goreng khas Jepang yang dibuat dari campuran mie, daging dan sayur-sayuran dilengkapi dengan saus Worcester dan saus uster.Rasanya yang enak dan porsi yang banyak sangat cocok untuk mengisi perut yang kosong setelah berjalan-jalan menikmati festival.  

.

  • Yakitoumorokoshi
Sumber foto: www.photo-ac.com

焼きとうもろこし(yaki toumorokoshi)artinya jagung bakar. Rasa manis asin jagung bakar dan aromanya yang menggugah selera membuat jajanan ini menjadi salah satu jajanan favorit orang-orang saat datang ke festival musim panas.Jagung bakar di Jepang biasanya dioleskan kecap asin dan mirin.

.

  • Yakitori
Sumber foto: www.photo-ac.com

焼き鳥 (yakitori) adalah sate ayam khas Jepang yang umumnya dioleskan sake, mirin dan kecap asin.Potongan daging ayam yang dipotong kecil untuk sekali gigit membuat hidangan ini sangat cocok untuk mengisi kekosongan perut meskipun sedang berada di tengah-tengah ramainya pengunjung festival.

.

  • Karaage
Sumber foto: www.photo-ac.com

唐揚げ(karaage) adalah hidangan ayam goreng krispi khas Jepang yang ukurannya cukup untuk sekali gigit.Garingnya tepung dan juicynya daging ayam membuat jajanan ini menjadi favorit banyak orang. 

5. Permainan Khas Natsu Matsuri

Selain makanan yang oishii (enak), ada juga aneka permainan khas musim panas yang banyak diminati berbagai kalangan.

Beberapa permainan khas musim panas, yaitu:

  • Kingyo sukui
Sumber foto: www.photo-ac.com

金魚すくい (Kingyo sukui) adalah permainan menyendoki ikan mas menggunakan jarring yang dibuat dari kertas yang mudah sobek. Meskipun terlihat mudah, permainan ini sebenarnya membutuhkan teknik dan kecepatan yang pas agar bisa berhasil mengambil ikannya. Jika berhasil ikan masnya bisa dibawa pulang loh!

.

  • Yoyo tsuri
Sumber foto: www.photo-ac.com

ヨーヨー釣り (Yoyo tsuri) adalah permainan memancing bola karet warna-warni yang berisi air. Pengait untuk mengambil balonnya sangat mudah lepas, sehingga perlu teknik dan kehati-hatian agar balonnya bisa berhasil diambil. Apakah kamu jadi ingin mencobanya?

.

  • Shateki
Sumber foto: www.photo-ac.com

射的 (Shateki) adalah permainan menembak menggunakan pistol mainan. Pistol diarahkan ke arah hadiah yang tersedia dan jika berhasil menembak tepat sasaran maka hadiahnya bisa dibawa pulang.

.

  • Wanage
Sumber foto: www.photo-ac.com

 輪投げ (Wanage) adalah permainan melempar gelang ke arah papan yang bertuliskan nomor-nomor untuk mendapatkan hadiah. Gelang yang digunakan biasanya terbuat dari bambu atau tali.

6. Penutup

Bagaimana pembahasan pada artikel kali ini? Apakah menarik?

Natsu matsuri merupakan salah satu festival yang populer di Jepang sampai-sampai sering dimunculkan dalam anime atau drama Jepang loh! Jadi, jika kamu berkesempatan berkunjung ke Jepang saat musim panas, jangan lupa untuk mampir ke festival ini dan mencoba berbagai kegiatan menarik yang telah dibahas tadi ya!

Selain Natsu matsuri, masih ada banyak matsuri menarik lainnya yang dilaksanakan di Jepang pada saat musim panas loh! Jangan lewatkan pembahasan festival Jepang lainnya yang akan WKWK JAPANESE bagikan pada kesempatan yang lain ya!

Demikianlah informasi yang dapat WKWK JAPANESE bagikan mengenai hal-hal yang biasa dilakukan orang Jepang saat musim panas. Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuanmu tentang budaya Jepang dan bermanfaat. 

Yonde kurete, arigatou gozaimashita.

(Terima kasih sudah membaca)

7. Daftar Pustaka

  • Murakami Jannu (2018). 夏に「お祭り」を行う理由とは?いにしえの人々の祈りのパワーを感じよう!

Diakses pada 28 Juli 2022 dari: https://tenki.jp/suppl/grapefruit_j02/2018/07/19/28286.html#sub-title-b

  • (2014). 夏祭りの楽しみといえば…1位は断トツ「花火」で70%が回答

Diakses pada 28 Juli 2022 dari:

https://news.nifty.com/article/item/neta/12225-140729004486/#:~:text=%E7%B7%8F%E8%A8%88%E3%81%A7%E8%A6%8B%E3%82%8B%E3%81%A81,%E3%81%A726%EF%BC%85%E3%81%A7%E3%81%97%E3%81%9F%E3%80%82

Kelas Intensif Bahasa Jepang

Oh iya, kalau mina-san ingin tahu lebih detail tentang pembahasan ini atau mungkin ingin belajar Bahasa Jepang dengan guru agar bisa berinteraksi langsung?

WKWK Japanese membuka kelas Bahasa Jepang Online loh! Mina-san bisa dapat banyak benefit belajar bersama WKWK Japanese, di antaranya:

  • Senseinya mumpuni (N2/N1)
  • Rekaman tiap kelas, agar bisa mengulang pembelajaran dan tidak takut ketinggalan kelas
  • Harganya terjangkau, bisa mencicil atau sekali bayar
  • Bisa berdikusi langsung dengan sensei dan teman teman yang lain juga loh!

Yuk, Jangan sampai kehabisan slotnya, langsung klik ke link ini untuk detail kelasnya ya!

Detail kelas intensif untuk pemula (N5)
Detail kelas intensif untuk N4
Detail kelas intensif untuk N3
Berkonsultasi (gratis)

Sampai bertemu di kelas!