Jam, Menit dan Detik dalam bahasa Jepang

Mina-san, konnichiwa!

Setelah mengetahui cara menyebutkan nama-nama hari, bulan dan tanggal, masih ada lagi kosakata yang berkaitan dengan waktu yang perlu dipelajari nih! Kira-kira apa ya?

Tepat sekali!

“Cara menyatakan jam, menit dan detik”.

Kalau dipikir-pikir, kita selalu berhubungan dengan waktu  setiap harinya.

Menyatakan jam merupakan salah satu ungkapan  yang sering digunakan dan dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saat terlambat bangun pasti orang tersebut panik dan akan langsung bertanya “Sekarang jam berapa?”, atau ketika membuat janji dengan teman, pacar atau bahkan klien, pasti akan muncul pertanyaan “Nanti ketemuannya jam berapa?”. Benar bukan?

Oleh karena itu, saat belajar bahasa Jepang materi ini merupakan materi dasar yang wajib dikuasai terlebih dahulu sebelum belajar pola kalimat yang lebih kompleks lagi.

Artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menyatakan jam, menit dan detik dalam bahasa Jepang.

Baiklah, silahkan disimak sampai akhir ya!

1. Cara Menyatakan Jam dalam bahasa Jepang

Tidak seperti bahasa Inggris yang memiliki berbagai aturan saat ingin menyatakan jam, dalam bahasa Jepang cara menyatakan jam terbilang mudah. Cara menyatakan jam dalam bahasa Jepang yaitu hanya dengan menyebutkan angka kemudian menambahkan (-ji) di belakangnya.

Contoh:

Jam 1 → 1 (ichi) + ji : ichi-ji

Jam 2 → 2 (ni) + ji : ni-ji

Akan tetapi, penyebutan jam 4, 7 dan 9 sedikit berbeda karena cara baca tiga angka ini berbeda dengan cara baca yang digunakan pada umumnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tabel jam di bawah ini:

2. Cara Menyatakan Menit dalam bahasa Jepang

Saat menyatakan menit dalam bahasa Jepang, aturannya sama dengan saat menyatakan jam yaitu angkanya terlebih dahulu lalu akhiran yang menunjukkan menit. Namun, pada satuan menit dalam bahasa Jepang memiliki dua bunyi akhiran yakni (fun/pun). Tidak hanya itu, beberapa angka juga mengalami perubahan cara baca.

Agar lebih mudah dipahami, silahkan perhatikan tabel di bawah ini:

3. Cara Menyatakan Detik dalam bahasa Jepang

Jika dibandingkan dengan cara menyatakan jam dan menit, cara menyatakan detik dalam bahasa Jepang adalah yang paling mudah. Hal ini dikarenakan sama sekali tidak ada pengecualian atau cara baca khusus seperti yang dimiliki dua satuan sebelumnya. Cara menyatakan detik dalam bahasa Jepang hanya dengan menyebutkan angka terlebih dahulu lalu menambahkan (byou) di belakangnya.

Silahkan lihat tabel di bawah ini:

4. A.M dan P.M dalam bahasa Jepang

Sistem penulisan jam atau waktu dalam Jepang pada umumnya menggunakan 24 jam, namun ada juga yang menggunakan system 12 jam sehingga ada kosakata keterangan waktu A.M dan P.M dalam bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang A.M disebut 午前 (gozen) dan P.M disebut 午後 (gogo). Gozen digunakan mulai pukul: 00.00 – 11.59. Sedangkan, gogo digunakan mulai pukul: 12.00– 23.59.

Meskipun menggunakan A.M dan P.M seperti penulisan jam dalam bahasa Inggris, namun letak penulisannya berbeda. Jika penulisan A.M dan P.M diletakkan di belakang angka, gozen dan gogo justru diletakkan di depan angka.

Contoh:

08.00 A.M → 午前8時 (Gozen hachi-ji)

5. Contoh Kalimat

今、何時ですか。
いま、なんじですか。
Sekarang, jam berapa?

今、5時です。
いま、ごじです。
Sekarang, jam 5.

毎日、私は4時30分に起きます。
まいにち、わたしは4じ30ぷんにおきます。
Setiap hari saya bangun pukul 04.30.

毎日、私は4時半に起きます。
まいにち、わたしは4じはんにおきます。
Setiap hari saya bangun pukul 04.30.

今朝、午前8時に東京に着きました。
けさ、ごぜん8じにとうきょうにつきました。
Tadi pagi, saya tiba di Tokyo pada pukul 08.00 A.M.

彼は20秒で200メートルを走ることができます。
かれは20びょうで200メートルをはしることができます。
Dia bisa berlari 200 meter dalam 20 detik.

6. Daftar Kosakata

Dari ketiga pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa cara penyebutan detik sangatlah mudah, sedangkan untuk jam dan menit ada beberapa penyebutan yang harus diperhatikan karena berbeda dengan penyebutan angka yang biasa digunakan pada umumnya.

Semoga penjelasan mengenai pola kalimat atas mudah dipahami dan bermanfaat.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!