Nama-nama Hari dan Kata Keterangan Waktu dalam bahasa Jepang

Dalam mempelajari bahasa Jepang, menguasai berbagai macam kosakata merupakan hal yang sangat penting.  Karena kosakata merupakan modal utama sebelum mempelajari cara menyusun kalimat, membaca, berbicara dan kemampuan bahasa lainnya. Hal ini juga berlaku saat mempelajari bahasa Asing lainnya.

Ketika baru mulai mempelajari suatu bahasa, alangkah baiknya mulai dengan menguasai kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti: kosakata yang berkaitan dengan waktu, nama-nama benda yang ada di sekitar dan kosakata umum lainnya.

Artikel kali ini akan membahas kosakata tentang “Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang”.

1. Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang

Kosakata tentang nama-nama hari sangat mudah untuk dihafal karena setiap nama hari memiliki akhiran yang sama yaitu “ようび”.

Berikut ini daftar Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang:

2. Cara Bertanya Nama Hari dalam bahasa Jepang

Setelah mempelajari kosakata “Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang”, lalu bagaimanakah cara bertanya nama hari ya? Apa kalian sudah tahu?

Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan nama hari dalam bahasa Jepang yaitu “nan-youbi”. なん(nan) artinya “apa”, dan ようび(youbi) artinya “hari”.

Untuk lebih mudah memahami mengenai cara penggunaan kata tanya tersebut, silahkan simak contoh percakapan di bawah ini!

A: 今日は何曜日ですか。
A: きょうはなんようびですか。
A: (Hari ini hari apa?)

B: 今日は月曜日です。
B: きょうはげつようびです。
B: (Hari ini adalah hari senin.)

Penjelasan:

  1. Akhiran “です” berfungsi untuk membuat kalimat tersebut menjadi sopan, sehingga dapat digunakan pada situasi formal maupun informal dan kepada siapa saja.
  2. Akhiran “か” yang digunakan pada contoh percakapan di atas merupakan salah satu partikel yang penting dalam bahasa Jepang. Partikel “ka” memiliki beberapa fungsi, salah satunya yaitu membuat kalimat tanya.

3. Kata Keterangan Waktu tentang Hari dalam bahasa Jepang

Saat belajar mengenai nama-nama hari, rasanya kurang lengkap jika belum membahas tentang kata keterangan waktu yang berkaitan dengan hari. 

Berikut ini beberapa kosakata bahasa Jepang yang berkaitan dengan hari, yaitu:

4. Contoh Kalimat

Agar lebih mudah dalam mengingat dan memahami penggunaan kosakata mengenai “Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang”, silahkan lihat beberapa contoh di bawah ini:

昨日水曜日でした。
きのうすいようびでした。
(Kemarin adalah hari rabu.)

今日木曜日です。
きょうもくようびです。
(Hari ini adalah hari kamis.)

明日、友達と一緒に映画を見ます。
あした、ともだちといっしょにえいがをみます。
(Besok, aku akan menonton film bersama dengan teman.)

私は金曜日に銀行へ行きます。
わたしはきんようびにぎんこうへいきます。
(Saya akan pergi ke bank pada hari jumat.)

5. Daftar Kosakata

Berikut ini adalah beberapa kosakata baru yang digunakan pada contoh kalimat:

Demikianlah pembahasan artikel mengenai “Nama-nama Hari dalam bahasa Jepang”. Kosakata tentang nama-nama hari dan keterangan waktu yang telah disebutkan di atas umumnya sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh sebab itu, pembahasan kali ini merupakan materi dasar yang sangat penting untuk dikuasai bagi pembelajar bahasa Jepang.

Semoga informasi pada artikel ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang belajar bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!