Pola Kalimat N5: A TO B (AとB)

Artikel kali ini akan membahas pola kalimat dasar yang menggunakan salah satu partikel bahasa Jepang yang pasti dibutuhkan dalam percakapan sehari-hari, yaitu partikel TO. Fungsi dan arti partikel TO sangat beragam sesuai dengan pola kalimat apa yang digunakan. Sebagai bentuk perkenalan, kali ini kita akan mempelajari salah satu arti dari partikel TO yaitu “dan”.  Bagaimana cara penggunaannya A to B?

Ayo pelajari bersama-sama!

1. Pola Kalimat

AB
A to B

2. Arti

A dan B

3. Penjelasan

Partikel と(to) dalam pola kalimat ini digunakan untuk menghubungkan dua kata benda yang setara. Akan tetapi partikel TO juga sering digunakan untuk menyebutkan semua barang-barang yang ada, sehingga terkadang partikel ini digunakan lebih dari 1 kali dalam satu kalimat.

4. Rumus

5. Contoh Kalimat ~ A to B

休みは土曜日日曜日です。
やすみはどようびにちようびです。
Libur hari sabtu dan minggu.

私はパン牛乳を買いました。
わたしはパンぎゅうにゅうをかいました。
Saya sudah membeli roti dan susu.

居間に母妹がいます。
いまにははいもうとがいます。
Di ruang tamu ada ibu saya dan adik perempuan saya.

弟はぶどう苺が好きです。
おとうとはぶどういちごがすきです。
Adik laki-laki saya suka anggur dan stroberi.

机の上に鉛筆消しゴム本があります。
つくえのうえにえんぴつけしごむ本があります。
Di atas meja ada pensil, penghapus dan buku.

6. Daftar Kosakata

Bagaimana mina-san?

Apakah kamu sudah paham cara penggunaan pola kalimat yang telah dibahas tadi?

Melalui penjelasan di atas kamu telah mengenal salah satu fungsi dari partikel TO. Selain memiliki arti “dan”, partikel ini masih memiliki berbagai arti dan fungsi lain. Namun, untuk menguasai berbagai penggunaan partikel akan lebih baik jika kamu mempelajarinya satu per satu dengan pola kalimat agar lebih mudah dipahami. Kedepannya WKWK JAPANESE akan kembali membahas fungsi lainnya dari partikel TO, jadi jangan bosan-bosan untuk cek website WKWK JAPANESE dan belajar bersama lagi ya!

Semoga penjelasan materi pada artikel kali ini mudah dipahami dan bermanfaat ya!

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!