Daftar Kata Sifat NA N4

Halo mina-san! Kali ini kita akan memberikan “daftar kata sifat NA JLPT N4” yang diperkirakan akan muncul dalam ujian JLPT nanti. Buat kalian yang mau menambah wawasan atau menambal kosakata yang bolong, bisa lihat dari sini juga ya, mina-san! Selamat membaca. Kalau sebelumnya kita mempelajari kata sifat -I, sekarang kita akan belajar kata sifat -NA!

Daftar Kata Sifat NA JLPT N4

KanjiHiragana/KatakanaArti
きれいIndah
ハンサムGanteng
親切しんせつBaik hati
元気げんきSehat, semangat
にぎやかRamai (orang)
静かしずかTenang
好きすきSuka
嫌いきらいBenci
上手じょうずMahir
下手へたTidak mahir
ひまSenggang
大切たいせつPenting
大事だいじPenting
便利べんりPraktis
不便ふべんTidak praktis
簡単かんたんMudah
複雑ふくざつRumit
安全あんぜんAman
危険きけんBahaya
有名ゆうめいTerkenal

Bagaimana mina-san? Jumlah ternyata tidak terlalu banyak bila dibandingkan dengan kata sifat -I

Akhiran -I tapi bukan -I

Dalam daftar kata sifat -NA tersebut ada beberapa kata yang berakhiran dengan い namun ternyata bukan termasuk kata sifat -I, malah termasuk kata sifat -NA. Kata penyusup tersebut adalah:

  • きれい
  • きらい
  • 有名

Sederhananya, kata-kata tersebut langsung saja dihafal sebagai kata sifat -NA, sehingga tidak akan terlalu pusing. Tapi sebenarnya, ada alasan di balik mengapa mereka malah masuk ke kata sifat -NA dan bukan kata sifat -I.

Untuk きれい dan 有名 adalah karena huruf terakhirnya bukanlah い. 有名 huruf akhirnya adalah 名 dan きれい huruf terakhirnya adalah 麗 (sebetulnya ditulis 綺麗). Itulah mengapa kedua huruf ini tidak masuk ke dalam kata sifat -I.

(Setelah ini pembahasan sedikit teknis, dan mungkin belum saatnya mina-san memahami)
Sedangkan untuk きらい, walau pun ia ditulis menggunakan kanji, ia berakhiran dengan huruf い (嫌い). Lalu mengapa ia tidak masuk ke dalam golongan kata sifat -I? Jawabannya, karena sebetulnya 嫌い ini bukanlah kata sifat asli. Kata 嫌い ini adalah kata yang diturunkan dari kata kerja 嫌う. Kata sifat yang memiliki asal semacam ini adalah 好き, yang berasal dari kata 好く.

大切 dan 大事

Dua kata ini bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, ia sama-sama mengandung makna “penting”. Coba kita lihat contoh kalimat untuk masing-masing kata tersebut.

時間を大切にしよう。
じかんをたいせつにしよう。
Ayo kita anggap penting (hargai) waktu

大事な時計を修理に出す。
だいじなとけいをしゅうりにだす。
Pergi memperbaiki jam yang penting.

大切 digunakan untuk menunjuk sesuatu yang dirasa sangat penting dari hati, sehingga perlu diperlakukan dengan penuh kehati-hatian atau diperlakukan dengan penuh kesopanan. Sedangkan, 大事 adalah kata yang menunjuk sesuatu yang dirasa penting atas pemikiran pembicara. Singkatnya, 大切 berhubungan dengan hati, dan 大事 berhubungan dengan keadaan sesungguhnya.

Coba isi kata yang hilang dari kalimat di bawah menggunakan 大切 atau 大事!

(  )な人を失いたくない。
(  )なひとをうしないたくない。
Aku tidak ingin kehilangan orang (     ).

Pada kasus ini, kalimat tersebut bisa diisi oleh 大切 maupun 大事. Namun tentu saja arti yang dikandung tidaklah sama. 大切な人 menunjuk kepada orang yang disayang, orang penting yang pembicara tak bisa hidup tanpanya, seperti kekasih dan seterusnya. Sedangkan 大事な人, nuansanya adalah orang penting, namun pentingnya didasarkan pada keuntungan, misalnya bos, pelanggan, dokumen, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat

私は大切な人がいません。
わたしはたいせつなひとがいません。
Saya tidak punya orang berharga.

彼はなっとうがきらいだそうです。
かれはなっとうがきらいだそうです。
Katanya dia benci natto.

日本の地下鉄は複雑だと聞きましたが、頭が痛いほど難しくないですね。
にほんのちかてつはふくざつだとききましたが、あたまがいたいほどむずかしくないですね。
Saya dengar kereta bawah tanah di Jepang ribet, ternyata tidak sesulit itu.

バスと電車とどちらが便利ですか。
バスとでんしゃとどちらがべんりですか。
Mana yang lebih praktis antara bus dan kereta?

たくさん練習すれば、いつか上手になりますよ。
たくさんれんしゅうすれば、いつかじょうずになりますよ。
Nanti pasti akan mahir kalau terus berlatih.

Daftar Kosakata

KanjiHiragana/KatakanaArti
わたしSaya
いるAda
なっとうNatto
地下鉄ちかてつKereta bawah tanah
聞くきくMendengar
あたまKepala
痛いいたいSakit
難しいむずかしいSulit
バスBus
電車でんしゃKereta listrik
たくさんBanyak
練習するれんしゅうするBerlatih
いつかSuatu hari
なるMenjadi

Itulah beberapa kata sifat -NA yang bisa membantu mina-san untuk lulus JLPT N4 nanti. Bagaimana mina-san? Ternyata tidak terlalu sulit ya, karena jumlahnya tidak sebanyak kata sifat -I.Kami yakin mina-san pasti bisa menghafal daftar kata N4 ini dalam waktu yang sangat singkat.

Begitulah isi dari artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat buat mina-san. Kalau merasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa klik sukai dan bagikan ya mina-san! Kalau begitu artikel ini cukup sampai di sini.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!