Kosakata Bahasa Jepang yang Berkaitan dengan Bulan

Tsuki ga kirei desune~??

Mina-san Konnichiwa!!

Terima kasih sudah berkunjung ke Website pembelajaran bahasa Jepang, WKWK Japanese. Bagaimana perkembangan belajarnya belakangan ini? apakah lancar? semoga lancar ya!

“Tsuki ga Kirei desune” Mungkin Mina-san ada beberapa yang sudah mengetahui kalimat tersebut, Ya betul! Artinya adalah “Bulannya Indah ya”, Namun apakah Mina-san tau bahwa kalimat tersebut memiliki arti lain? Kalimat tersebut adalah cara yang sangat puitis untuk mengungkapkan rasa cinta kita pada orang lain lho! jadi dapat diartikan “Aku Mencintaimu”, Bagaimana? keren bukan?

Jika pada artikel sebelumnya kita belajar Kosakata tentang Hari, pada artikel kali ini yaitu “Kosakata Bahasa Jepang yang berkaitan dengan Bulan” Kita akan belajar kosakata kosakata yang berhubungan dengan bulan, lalu membuat kalimat dengan kosakata tersebut. Jadi tunggu apa lagi, Ayo kita mulai belajar bersama!!

1. Kosakata yang berkaitan dengan Bulan

Kosakata tentang penyebutan nama nama bulan

Dalam penyebutan nama Bulan dalam bahasa Jepang umumnya adalah Angka + GatsuSebagai Contoh, Bulan Januari (bulan ke-1) adalah Ichi Gatsu. Ichi yang berarti Satu dan Gatsu yang berarti Bulan, jadi Masyarakat Jepang menyebut nama bulan sesuai urutan bulan tersebut

KanjiHiragana/KatakanaArti
一月いちがつJanuari
二月にがつFebruari
三月さんがつMaret
四月がつApri
五月ごがつMei
六月ろくがつJuni
七月しちがつJuli
八月はちがつAgustus
九月がつSeptember
十月じゅうがつOktober
十一月じゅういちがつNovember
十二月じゅうにがつDesember

Sebagai Informasi, Nama bulan dalam bahasa Jepang yang ditulis dengan huruf Kanji umumnya digunakan dalam Penulisan Tategaki (Penulisan yang arah menulisnya dari atas kebawah). Sedangkan untuk penggunaan umum dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan Angka yang biasa kita gunakan. Contohnya 1月、2月、3月 dan Seterusnya.

Kosakata tentang keterangan Bulan

KanjiHiragana/KatakanaArti
先月せんげつBulan lalu
今月こんげつBulan ini
来月らいげつBulan Depan

2. Contoh Kalimat

誕生日のイラスト「バースデーパーティー・女の子」

私の誕生日は8月25日です。
わたしのたんじょうびは8がつ25にちです。
Ulang tahun saya tanggal 25 Agustus.

「旅行」のイラスト文字

来月の旅行のために、チケットを予約しました。
らいげつのりょこうのために、チケットをよやくしました。
Saya sudah memesan Tiket untuk perjalanan bulan depan.

靴屋の建物イラスト

今月の給料をもらったら、新しい靴を買おうと思っています
こんげつのきゅうりょうをもらったら、あたらしいくつをかおうとおもっています
Jika mendapatkan Gaji bulan ini, saya bermaksud untuk membeli sepatu baru

3. Daftar Kosakata

KanjiHiragana/KatakanaArti
誕生日たんじょうびUlang tahun
旅行りょこうPerjalanan
チケットTiket
予約するよやくするMereservasi
給料きゅうりょうGaji
新しいあたらしいBaru
くつSepatu
買うかうBeli

Berikut adalah kosakata dan kalimat yang berkaitan dengan bulan, Bagaimana nih Mina-san? apakah sudah mengerti? karena sekarang sudah tau bahasa Jepangnya, jadi jangan lupa untuk selalu diterpkan agar semakin hafal dan tidak lupa ya!!

Semoga informasi yang disampaikan pada artikel ini mudah dimengerti dan dapat dipahami dengan baik.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!