Kosakata tentang Rasa Makanan dan Minuman dalam Bahasa Jepang

Halo mina-san! Mina-san di sini ada yang hobinya kulineran ngga? Mina-san sudah tahu belum cara mengungkapkan rasa dari makanan atau minuman yang sedang dicicipi dalam bahasa Jepang? Iya, salah satunya adalah おいしい yang sering kita dengar. Tapi masih banyak lagi rasa-rasa yang lain loh mina-san. Yuk kita simak pembahasannya Kosakata tentang Rasa Makanan dan Minum ini di bagian berikutnya ya!

Kosakata tentang Rasa Makanan dan Minuman

KanjiHiragana/KatakanaArti
おいしいLezat
まずいTidak lezat
甘いあまいManis
苦いにがいPahit
辛いからいPedas
しょっぱいAsin
塩辛いしおからいAsin
濃いこいPekat, kental
薄いうすいTipis, hambar
酸っぱいすっぱいAsam
香ばしいこうばしいHarum
甘酸っぱいあまずっぱいAsam manis
甘辛いあまからいPedas manis

塩辛い dan しょっぱい

Dari tabel di atas, kata しょっぱい dan 塩辛い sama-sama memiliki arti asin. Kalau artinya sama, kenapa harus ada dua kata yang berbeda? Jawabannya, salah satunya adalah dialek namun sering dipakai dalam keseharian. Yang menjadi bahasa resmi untuk menyebut kata asin adalah 塩辛い. しょっぱい adalah dialek 関東 (kantou, daerah timur Jepang) untuk menyatakan rasa asin. Sedangkan dalam dialek 関西 (kansai, daerah barat Jepang) kata yang digunakan untuk menyatakan rasa asin adalah 辛い. Sehingga kesimpulannya, 辛い mempunyai dua arti, yakni pedas dan asin. Oleh karenanya untuk membedakan apakah 辛い bermakna pedas atau manis, ditambahkan 塩 (garam) di depannya.

インドネシアはしょっぱいものが好き。
いんどねしあじんはしょっぱいものがすき。

インドネシアは塩辛いものが好き。
いんどねしあじんはしおからいものがすき。

Kedua kalimat di atas memiliki arti yang sama, yakni “orang Indonesia suka makanan asin”. Yang membedakan keduanya hanyalah asal katanya saja.

Contoh Kalimat

甘い果物は私のお気に入りです。
あまいくだものはわたしのおきにいりです。
Buah manis adalah kesukaan saya.

インドネシア人は食べるものが辛くないと、満足しない。
インドネシアじんはたべるものがからくないと、まんぞくしない。
Orang Indonesia tidak puas kalau makanannya tidak pedas.

甘辛した味の料理を食べたいな。
あまからしたあじのりょうりをたべないな。
Aku ingin makan masakan pedas manis.

彼氏は甘い飲み物がとても好き。
かれしはあまいのみものがとてもすき。
Pacar (laki-laki) saya sangat suka minuman manis.

料理は薄いほうがいいですよね。
りょうりはうすいほうがいいですよね。
Masakan itu lebih enak kalau tipis saja, ya kan.

Daftar Kosakata

KanjiHiragana/KatakanaRomajiArti
果物くだものKudamonoBuah
わたしWatashiSaya
お気に入りおきにいりOki-ni iriFavorit
食べるたべるTaberuMakan
満足するまんぞくするManzoku suruPuas
あじAjiRasa
料理りょうりRyouriMasakan
彼氏かれしKareshiPacar
飲み物のみものNomimonoMinuman
好きすきSukiSuka
いいIiBagus

Itulah beberapa kata yang terkait dengan rasa dalam bahasa Jepang. Setelah membaca dan menghafal kosakata di atas, seharusnya sekarang mina-san sudah bisa mengungkapkan rasa makanan menggunakan bahasa Jepang tanpa bingung lagi ya! Kalau begitu kita akhiri sampai di sini.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!