Perubahan Kata Kerja Bentuk Potensial

Mina-san, konnichiwa! Terima kasih telah mengunjungi situs WKWK JAPANESE ya! Selamat datang di artikel yang berjudul Perubahan Kata Kerja Bentuk Potensial!

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang perubahan kata kerja bentuk maksud atau lebih umum disebut bentuk ajakan. Kali ini kita akan membahas tentang perubahan bentuk potensial atau bentuk yang menyatakan kebisaan.

Kita sebenarnya telah mempelajari cara menyatakan kebisaan pada JLPT N5, yaitu dengan menggunakan することができる. Ungkapan tersebut terdiri dari tiga komponen, yakni kata kerja bentuk kamus, こと (hal), kemudian できる (bisa). Pada JLPT N4 ini, kita akan mempelajari kata kerja bentuk kebisaan, hanya hanya terdiri dari satu kata saja.

Baiklah, kita langsung saja pelajari bersama-sama yuk!

1. Tentang Kata Kerja Bentuk Potensial/Kebisaan

Kata kerja bentuk potensial ini, yang dalam bahasa Jepang disebut sebagai 可能形 (kanoukei) adalah salah satu jenis kata kerja yang sangat sering digunakan dalam bahasa Jepang. Fungsinya sesuai dengan namanya, yaitu untuk menunjukkan kebisaan dalam melakukan sesuatu.

2. Perubahan Kata Kerja Bentuk Potensial

Pengubahan kata kerja menjadi bentuk potensial akan menjadi lebih mudah apabila dimulai dari bentuk kamusnya. Kita akan memulai pembahasan perubahan berdasarkan golongan kata kerja yang terbagi menjadi tiga.

1. Kata Kerja Golongan 1 (Godan Doushi: 五段動詞)

Untuk golongan satu, huruf terakhir dari kata kerja bentuk kamusnya diubah menjadi vokal -E ditambah る.

Bentuk KamusBentuk Potensial
える
てる
れる
ねる
べる
める
ける
げる
せる

2. Kata Kerja Golongan 2 (Ichidan Doushi: 一段動詞)

Untuk golongan dua, hanya perlu mengubah huruf terakhir (る) menjadi られる.

Bentuk KamusBentuk Potensial
食べ食べられる
開け開けられる
られる
られる

3. Kata Kerja Golongan 3 (Fukisoku Doushi: 不規則動詞)

Untuk golongan tiga tidak punya aturan khusus, sehingga harus dihafalkan.

Bentuk KamusBentuk Potensial
できる
られる

3. Contoh Kalimat

Untuk penggunaannya, mirip dengan することができる, tetapi tentu saja dengan sedikit perbedaan.

読むことができる。
(Yomu koto-ga dekiru)
Saya bisa membaca.

Kalimat di atas bisa diganti dengan kata kerja bentuk potensial, menjadi:

読める
よめる
Bisa membaca.

Namun hal yang perlu diperhatikan, ketika kalimat tersebut mengandung obyek, maka partikel yang digunakan akan berbeda.

私は日本語を話すことができます。
わたしはにほんごをはなすことができます
Saya bisa berbicara bahasa Jepang.

私は日本語が話せます
わたしはにほんごがはなせます
Saya bisa berbicara bahasa Jepang

4. Kesalahan Penggunaan

Dalam menggunakan bentuk kebisaan ini, kebisaan yang digambarkan harus sesuatu yang diperlukan kemampuan di situ, dan bukan sesuatu yang umum.

はご飯が食べられます
わたしはごはんがたべられます
Saya bisa makan nasi.

Kalimat di atas tidak benar, karena semua orang bisa makan nasi tanpa kemampuan khusus. Namun bila tidak semua bisa melakukannya dan diperlukan kemampuan khusus, maka dibolehkan. Misal:

私は納豆が食べられます
わたしはなっとうがたべられます
Saya bisa makan natto.

Kalimat di atas boleh digunakan karena natto bukanlah makanan yang bisa dimakan semua orang, bahkan banyak yang bilang “納豆は日本ならではの食べ物 (natto-wa nihon naradewa-no tabemono” yang berarti “Natto adalah makanan yang hanya (orang) Jepang yang bisa (makan).

5. Penutup

Begitulah cara mengubah kata kerja menjadi bentuk potensial. Bagaimana mina-san? Sudah hafal cara mengubahnya? Kami yakin mina-san bisa hafal dengan waktu yang sangat singkat. Kalau pun tidak, mina-san tidak perlu khawatir, mina-san hanya perlu menggunakannya saja dari waktu ke waktu, nanti akan hafal dengan sendirinya. Karena bisa itu karena terbiasa.

Mina-san juga jangan lupa partikel yang digunakan ya. Objek yang ditandai dengan partikel を harus diubah menjadi partikel が, serta kalimat seperti apa yang tidak bisa menggunakan bentuk potensial ini.

Sekian pembahasan mengenai “Perubahan Kata Kerja Potensial/Kebisaan”. Semoga artikel ini dapat dengan mudah dipahami dan membantu mina-san dalam mempelajari bahasa Jepang.

Kelas Intensif

Oh iya, buat mina-san yang belum bisa membaca hiragana dan katakana, kebetulan kami ada paket belajar agar mina-san bisa menguasai dua huruf dasar bahasa Jepang! Kalau mina-san ingin mahir bahasa Jepang, pembelajaran hiragana dan katakana ini hukumnya wajib ya!

Selain itu, kami juga lagi buka kelas bahasa Jepang intensif online dari level N5 hingga level N3 loh! Kelas dibuka di hari kerja, ada rekaman kelas sehingga mina-san bisa belajar tanpa harus tatap muka secara langsung, dan senseinya mumpuni loh!

Bagaimana? Menarik bukan? Yuk daftar melalui gambar di atas!

さいまでてくれてありがとうございました!
Terima kasih sudah membaca sampai habis!